Sekitar 50% Pengemudi Remaja Tewas Akibat Kecelakaan

Sebuah lembaga yang menaungi keselamatan berkendara yakni Lembaga Insurance Institute of Highway Safety (IIHS) Amerika Serikat melakukan sebuah penelitian mengenai usia berapa saja yang mengalami kecelakaan, dengan hasil akhir bahwa 50% pengemudi dengan rentang usia antara 15 dan 17 tahun yang terlibat kecelakaan, meninggal dunia.

lakalantas
Angka itu adalah ikhtisar dari data kecelakaan yang dipunyai oleh Fatality Analysis Reporting Sistem (FARS) periode 2008-2012. Rata-rata remaja yang meninggal dunia mengemudikan mobil dengan umur terbilang tua. Nyaris sepertiga remaja yang ikut serta kecelakaan mengemudikan mobil berumur diatas 11 th..

FARS juga keluarkan data bahwa sejumlah 82 % mobil dikendarai remaja yang ikut serta kecelakaan itu hancur. Sebagian besar mobil yang hancur itu berumur kira-kira lebih dari enam th..

Lebih jauh, beberapa peneliti juga memberi data hasil survey dengan responden beberapa orang-tua pada Mei 2014 yang tunjukkan bahwa 60 % remaja memakai mobil berumur delapan th..

Hasil ini cukup menunjukkan bahwa kecelakaan yang mengakibatkan kematian biasanya berlangsung pada sekumpulan orang yang mengendarai mobil type khusus, termasuk juga dari segi umur kendaraan. Riset ini bisa seolah membuktikan bahwa mobil dengan bodi besar dapat membuat perlindungan penumpang tambah baik, sementara mobil kecil dengan peringkat uji tabrak baik dapat kurangi resiko kematian.