Kolom Pencarian Menu Utama
— advertisement —

Sudah pada tahu belum shockbreaker depan dapat kita setel tingkat empuk dan kerasnya? tanpa harus beli alat setel ini itu. Apalagi kalau harus beli shock aftermarket yang menawarkan fitur adjustable, biar bisa kita setel sendiri.

Tak usah risau karena melakukan penyetelan pada semua shockbreaker motor, dari yang jadul Seperti Supra X tahun 90 an sampai zaman sekarang, karena pada dasarnya semua shockbreaker standar bisa kita atur tingat keempukannya.

Nah, buat agan yang merasa shock depannya terasa keras layaknya gerobak, atau terlalu empuk serasa mentok sampai ke spakbor, cukup di setel saja.

— advertisement —

Yang pertama perlu kita ketahui yaitu untuk mengatur kekerasannya, kita atur berdasarkan volume oli shockbreaker depan. Takaran dari oli ini memang sudah di atur sesuai standar masing-masing pabrikan motor.

Takaran oli ini disesuaikan dengan aktifitas kita sehari-hari ketika menggunakan motor. Jika bobot badan kita di atas rata-rata atau sering mengangkut barang berat, sebaiknya di setel lebih keras dari standarnya.

Kalau medan yang ditempuh adalah jalan aspal biasa, dan agan suka kebut-kebutan, mending di stel agak keras agar nyaman buat dibawa kencang dan stabil di belokan.

— advertisement —

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Shockbreaker Upside Down

Sebaliknya jika beban motor dirasa ringan dan jalur yang ditempuh jalannya agak rusak, bisa kita setel lebih empuk. Caranya adalah dengan mengurangi takaran oli shockbreaker. Tetapi jangan sampai oli yang kita takar terlalu sedikit, untuk menghindari gampang mentok.

Kalau pengen cari aman sih, mending ikuti anjuran penyetelan dari bengkel resmi saja.

Ada juga cara lain untuk mengobati shockbreaker terlalu empuk, yaitu dengan cara mengganti per shockbreaker. Bisa di subtitusi dengan merk motor lain yang punya spesifikasi lebih keras dengan ukuran yang sama dengan per motor kita.

— advertisement —

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.