Kolom Pencarian Menu Utama

Kamu yang begitu sibuk atau memiliki aktivitas diluar kota dengan tidak membawa kendaraan roda empat pribadi, yang terjadi mobil cuma dianggurin di garasi rumah saja. Nganggurin dalam waktu lama alias gak dipakai tentunya part atau komponen mobil yang kamu miliki akan mengalami kerusakan sedikit demi sedikit, dan pastinya akan membuat pengeluaran kamu pasti bertambah.

cara-agar-mobil-tidak-rusak-saat-ditinggalkan-dalam-waktu-yang-lama

Untuk meminimalisir kerusakan mobil yang kamu anggurin cukup lama, ada beberapa tips menyimpan mobil dalam waktu yang lama agar tidak rusak dengan beberapa tips perawatan seperti dibawah ini.

Mobil dalam keadaan bersih

Perawatan pertama yang harus kamu lakukan, yaitu dengan memulai mencuci mobil secara bersih. Bersihkan bagian eksterior mobil, seperti cat mobil tetap terlindungi dari kotoran yang membandel seperti lumpur  yang bisa menyebabkan korosi pada komponen.

— advertisement —

Kemudian bersihkan bagian dalam mobil dari sampah dan debu yang berada dalam interior mobil dengan vakum cleaner. Pokoknya jangan sampai meninggalkan mobil dengan kondisi waktu yang cukup lama dalam keadaan kotor.

Isi full bahan bakar

Sebelum  kamu ninggalin mobil kesayangan kamu dalam waktu yang lama, pastikan tangki bahan bakar mobil kamu terisi penuh ya. Hal ini bertujuan supaya  sebisa mungkin tak ada sisa ruang udara di dalam tangki yang mampu menimbulkan efek kondensasi atau mengembun saat kondisi udara dingin atau saat malam hari.

Embun yang terdapat dalam tangki akan mencair saat panas atau siang hari yang mana akan menurunkan kualitas bahan bakar dan jika terlalu parah bisa mengganggu kinerja dari mesin.

— advertisement —

Ganti Oli 

Selanjutnya, hal yang perlu kamu pastikan oli mesin mobil kamu saat meninggalkannya, dalam kondisi yang harus benar-benar cukup, sebab dengan oli mesin yang penuh maka kondisi mesin juga terawat. Jika diperlukan, gantilah dengan oli yang baru agar kondisi mesin juga menjadi lebih awet.

Selain itu, setelah selesai melakukan pergantian oli mesin pada mesin mobil kamu, pastikan oli tidak tercecer kemana-mana karena mesin juga harus bersih jika mobil akan ditinggalkan dalam waktu lama, jika terlanjur tercecer lakukan pembersihan sampai benar-benar bersih

Namun pergantian oli ini, dapat kamu lewati langkah ini jika kamu hanya perlu menyimpan mobil selama satu atau dua minggu. Pertimbangkan untuk mengganti oli diatas bisa kamu lakukan jika  akan menyimpan kuda besi lebih dari 30 hari.

Banyak selai produsen mobil merekomendasikan perawatan ini dalam manual pemiliknya, bahwa oli mesin bekas dalam mobil kamu memiliki kontaminan yang mampu merusak mesin. Harus diperhatikan banget-banget nih, khususnya untuk wanita, karena biasanya wanita kurang memahami perawatan primer yang satu ini.

— advertisement —

Cabut Kutub Aki

Saat meninggalkan kendaraan roda empatmu dalam waktu lama, pastikan kelistrikan aman dengan cabut  aki. Melepaskan kabel aki atau kepala aki agar mengurangi risiko aki menjadi rusak atau kehilangan daya. Saat mencabut aki, terdapat prosedur yang harus kamu perhatikan agar terjadi kesalahan dan menimbulkan kerusakan atau konsleting.

Pada saat melepas kabel aki, dahulukan dengan melepas kabel negatif,  setelah itu lepas kabel positif. Nah jika kamu akan memakai mobil kamu kembali, kamu harus memasangnya sesuai dengan prosedur juga. Kalau kamu akan memasangnya, pastikan saat memasang, mendahulukan dengan memasang kabel positif dan kemudian memasang kabel negatif.

Kurangi Beban Mobil

Jika mobil kamu akan berada dalam tempat penyimpanan selama lebih dari 30 hari, pertimbangkan juga untuk melepas roda dan menempatkan mobil pada dongkrak di keempat sudut roda.

Langkah ini membutuhkan lebih banyak pekerjaan, tetapi itu bisa menyelamatkan Anda dari membeli satu set ban baru. Berat kendaraan yang bertumpu pada mereka selama satu bulan atau lebih akan membuat ban menjadi cepat rusak. 

Tempat parkir yang datar

Perhatikan juga mobil yang kamu tinggalkan dalam kondisi mobil di parkir pada area yang datar. Jika dirasa kondisi parkiran atau garasi kamu masih kurang datar, kamu bisa menyiasatinya dengan memberikan ganjalan pada ban dan pastikan jangan gunakan rem tangan.

Penggunaan rem tangan yang terlalu lama dapat membuat kampas rem lengket dan di setiap per rem meregang cukup lama sehingga berkurang elastisitasnya.

Menggunakan cover

Tips menyimpan mobil dalam waktu yang lama agar tidak rusak selanjutnya adalah menggunakan cover mobil.  Dari berbagai tempat parkiran yang cocok untuk mobil kamu, garasi mobil pribadimu adalah tempat yang ideal untuk menyimpan kendaraan yang kamu miliki.

Tempat garasi ini mampu melindungi mobil dari kotoran seperti debu dan kotoran yang lain serta dapat menjaga kuda besimu pada suhu yang relatif stabil. Jika kamu tidak memiliki garasi, kamu perlu mempertimbangkan untuk menempatkan mobil di fasilitas penyimpanan publik.

Jika kamu terpaksa harus meninggalkan mobil di luar ruangan, pertimbangkan juga untuk memakai penutup mobil yang tahan segala cuaca. Ini akan membantu menjaga mobil tetap bersih dan kering.

— advertisement —

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *