Kolom Pencarian Menu Utama

Jika agan berminat membeli mobil dengan bahan bakar diesel, sebaiknya kenali ciri mobil diesel masuk angin. Hal ini sering terjadi pada mobil yang berbahan bakar diesel. Mesin mobil dengan berbahan bakar solar memang kurang umum digunakan pada kendaraan pribadi di masyarakat. Biasanya mereka lebih memilih mobil dengan bahan bakar bensin daripada kendaraan diesel yang berbahan bakar solar.

Ciri Mobil Diesel Masuk Angin

Bahan bakar bensin dan diesel memiliki karakteristik yang berbeda. Bensin mempunyai nilai oktana yang besarannya merupakan tingkatan kemampuan bensin dalam melakukan pembakaran. Untuk melakukan tindakan pembakaran, diperlukan proses pengapian. Dalam proses pembakaran pada bensin, dibutuhkan sistem rangkaian pada busi.

Sedangkan pada bahan bakar solar, memiliki nilai centane untuk mengukur kekuatan solar dalam keadaan bertekanan. Karakter centane tentunya berbeda dengan nilai oktana pada bensin. Sementara untuk pengapian pada solar menggunakan sistem pembakaran secara otomatis atau self burning. Sistem self burning tersebut merupakan proses penyemprotan solar bertekanan tinggi oleh injektor sehingga tampak seperti berkabut. Tekanan tinggi pada sistem bahan bakar solar tadi dapat menekan sampai 20 ribu kilogram per centimeter kubik.

— advertisement —

Penyebab Mobil Diesel Masuk Angin

Istilah masuk angin tak hanya ada pada manusia saja. Mobil masuk angin pada dunia permesinan memang lazim terdengar. Penyebab mobil masuk angin ada beberapa hal. Di antaranya terjadi karena udara yang memasuki tangki. Udara bisa masuk karena kondisi tangki bahan bakar yang kosong atau solar yang terisi tinggal sedikit.

Mesin Pada Mobil Diesel Susah Dihidupkan Ketika Pagi Hari

Mesin mobil yang susah distarter pada pagi hari memang merepotkan dan menyita waktu. Hal ini bisa merupakan pertagan dari penyakit masuk angin pada mobil. Biasanya, usia mobil yang sudah mencapai 5 tahun, akan mengalami gejala seperti ini. Hal ini karena adanya sisa udara yang terjebak pada saluran diesel pada saat mengganti filter solar. Tekanan udara tadi dapat memacu pompa bekerja lebih keras dan bahan bakar akan mudah drop.

Jika Mesin Menyala, Performa Mobil Turun

Masih ada hubungannya dengan udara terjebak. Kondisi ini bisa menurunkan performa mobil agan. Hal ini terasa karena tarikan mobil yang terasa makin berat sehingga konsumsi bahan bakar pada mesin akan menjadi boros. Bahkan bisa saja terjadi mogok pada mobil agan. Hal ini karena adanya ruangan kosong pada tangki yang telah terisi udara sehingga tekanan pada mobil akan semakin tinggi. Segera bawa mobil agan jika terdapat ciri mobil diesel masuk angin ini ke bengkel agar dilakukan proses pengeluaran udara tersebut.

— advertisement —

Cek Volume Bahan Bakar Pada Tangki! Jangan Biarkan Kurang Dari Seperempat

Salah satu yang biasanya kurang diperhatikan oleh pengguna mobil adalah menunda pengisian bahan bakar hingga limit terendah. Jangan lakukan ini pada mobil yang menggunakan mesin diesel. Hal ini hanya akan menambah kekosongan tangki dengan udara yang mempengaruhi kinerja mobil agan.

Solusi Memperbaiki Kondisi Mobil Diesel Yang Sedang Masuk Angin

Mesin diesel saat ini terbagi menjadi 2 macam yaitu konvensional dan tipe common rail. Mesin diesel tipe konvensional ada pada bus dan truk di mana menggunakan pompa primming. Primming pump ini dapat digunakan untuk proses pengeluaran udara yang masuk ke tangki. Pada ummnya, prinsipnya sama saja yaitu meningkatkan tekanan bahan bakar agar tekanan udara berpindah menuju tekanan yang lebih rendah.

Sekarang mari kita mulai pada solusi mengeluarkan udara dari mesin diesel konvensional! Pertama-tama, agan harus mengetahui atau paling tidak memprediksi seberapa besar udara yang masuk di dalam tangki. Jika udara yang terjebak cukup banyak, berarti tangki diesel dalam keadaan kosong. Bukalah baut dari bleeder sampai ada beberapa solar yang mengalir. Jika aliran solar masih belum muncul juga, kendorkan injektor hingga muncul solar.

Ketahui letak primming pump dari mesin diesel kendaraan agan! Cobalah cari di atas penyaring diesel atau di dekat pompa mekanik. Jika sudah ketemu, tekanlah sambil memompa baut bleeder hingga muncul gelembung. Lakukan pemompaan hingga gelembung-gelembung tadi habis. Kalau sudah selesai, baut bleeder bisa langsung ditutup.

— advertisement —

Agar sisa dari udara yang terjebak bisa segera keluar menuju ke injektor, lakukan pemompaan pada primming pump sampai terasa serat atau berat. Ketika sudah dirasa cukup berat pompanya, langsung starter kendaraan agan. Walaupun proses penghidupan mesin mobil akan terasa lama, namun mesin bisa langsung nyala saat pertama kali dihidupkan.

Untuk proses pada tipe common rail, sistem kendali pada injektor telah disandingkan dengan ECU. Tipe ini memiliki kelebihan bahwa mesin diesel lebih halus bunyinya dan hemat bahan bakar. Cara pertama adalah dengan menyambungkan saluran bahan bakar. Lalu dengan menggunakan kunci kontak, lakukan proses bleeding.

Cara ini praktis karena tinggal mengarahkan kunci kontak ke posisi menyala (On) dan lampu indikator dashboard akan hidup. Untuk mematikan, tinggal pindahkan kunci kontak ke posisi mati (Off). Lakukan proses bleeding On dan Off tadi sebanyak lebih dari 7 kali. Jika sudah cukup, hidupkan mesin mobil agan. Begitulah kiranya gambaran praktis dan ciri mobil diesel masuk angin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *