Kolom Pencarian Menu Utama

Pada dasarnya membeli mobil bekas memang memiliki pro kontra bagaimana tidak jika anda sebagai orang awam tentunya anda hanya melihat dari body mobil sedangkan dalamnya anda tidak tahu. Padahal untuk kelancaran dalam melakukan perjalanan tentunya mesin adalah nomor satu yang harus selalu diperhatikan.

Dealer Mobil Bekas

Anda tidak mau bukan saat dalam perjalanan mengalami kendala misalnya macet padahal pada saat itu anda tengah terburu-buru. Jadi kami sarankan untuk anda yang ingin membeli mobil bekas anda harus tahu ciri mobil bekas yang masih bagus itu bagaimana. Oleh karena itu kami akan membahasnya untuk anda, jadi simak penjelasannya berikut ini.

Ciri Mobil Bekas Yang Masih Bagus

Ruang Mesin

Tahapan pertama untuk mengetahui keadaan mobil bekas yang akan anda beli adalah dengan memeriksa ruang mesin. Jadi anda bisa membuka pada kap yang terpadat mesin mobil dari sana anda bisa melihat apakah ada cat yang masih baru, anda bisa membandingkannya dan tentunya akan terlihat lebih mencolok dibanding dengan yang lainnya.

— advertisement —

Jika di dalamnya ada mesin yang masih baru catnya ada indikasi jika mesin mobil tersebut sudah pernah diturunkan. Sebenarnya hal diturunkannya mesin itu bisa disebabkan oleh beberapa hal misalnya terjadi kecelakaan maupun mobil yang terkena banjir.

Kondisi Mesin

Langkah yang selanjutnya adalah dengan melihat kondisi mesin, anda harus melakukan cara ini dengan teliti supaya anda bisa mendapatkan mobil bekas yang masih berkualitas.

Jadi jangan sampai anda mendapatkan mobil yang mengalami kebocoran baik dari oli maupun bahan bakarnya, jika anda mendapati mobil dengan kondisi yang seperti itu ada baiknya anda mencari mobil yang lain.

— advertisement —

Anda juga harus memperhatikan kondisi fisik dari mobil tersebut, dengan cara ini anda bisa mengetahui apakah mobil tersebut terawat atau tidak. Jika mobil terawat otomatis kondisi mobil terhindar dari yang namanya kebocoran baik pada mesin atau selangnya.

Cara untuk melihatnya juga bisa dikatakan cukup mudah,  anda hanya perlu melakukan pengamatan satu persatu pada mesin mobil tersebut, dengan begitu anda juga bisa memastikan sendiri apakah ada rembesan oli maupun cairan yang lainnya atau tidak.

Bahkan anda juga perlu memperhatikan baut ataupun mur, jika ada yang baru atau yang cacat anda bisa langsung menanyakan kepada penjualnya. Anda harus hati-hati karena penjual yang ingin meraup keuntungan pastinya akan melakukan kecurangan dengan cara mencucinya sampai bersih sehingga tidak mudah untuk dikenali.

Starter Mobil

Ciri mobil bekas yang masih bagus selanjutnya adalah dengan memastikan jika mesin mobil masih mulus dan halus atau tidak. Anda bisa melihatnya dari konstan mesin stasioner atau starter bisa langsung dihidupkan tanpa anda harus menghentakkan gas dan menonaktifkan AC maupun audio yang terdapat dalam mobil tersebut.

— advertisement —

Mobil yang bagus pasti jika distarter akan langsung menyala walaupun dalam keadaan dingin dan konstannya pun tidak tersendat-sendat. Jika anda mendapati yang tersendat-sendat itu berarti akinya bermasalah atau mobil tersebut jarang sekali diservis hingga kotoran bisa menyumbat kerja mesin.

Indikator Dan Speedometer 

Ketika anda hendak menghidupkan mesin mobil anda juga harus memperhatikan apakah ada lampu indikator yang menyala atau tidak. Karena ada banyak sekali lampu indikator yang terdapat pada dashboard misalnya saja oli dan temperaturnya, jadi anda harus memastikan jika lampu tersebut tidak menyala. 

Caranya anda bisa mencoba untuk gas mobil tersebut dengan cara perlahan, setelah itu anda bisa melepasnya namun jangan lupakan untuk memperhatikan jarum pada RPM nya. Pastikan jika jarum tersebut stabil yaitu dengan arah turun naik. Jika anda menemukan jarum rpm yang tidak stabil itu pertanda jika ada masalah dalam mesin mobil tersebut.

Langkah Mudah Untuk Mengetahui Kualitas Mesin Mobil

Jika anda ingin membeli mobil bekas kami sarankan supaya anda tidak terburu-buru dalam membeli dan memilihnya, karena seperti yang kita ketahui jika sesuatu yang dikerjakan dengan cara terburu-buru hasilnya pasti tidak akan baik jadi anda harus ekstra hati-hati.

Dan jangan mudah untuk tergiur oleh penawaran  dengan harga yang murah, pastikan terlebih dahulu kualitasnya barulah anda bisa memutuskan untuk membelinya. Untuk apa mendapatkan harga yang murah tapi kualitasnya buruk.

Setelah anda melakukan serangkaian pemeriksaan dengan menggunakan cara di atas, langkah selanjutnya anda bisa melakukan test drive, dengan tahapan ini anda bisa mengetahui masalahnya secara langsung apakah mesin tersebut sudah panas dan bisa digunakan untuk menempuh perjalanan yang jauh dan lama atau tidak.

Pada saat anda melakukan test drive anda harus memperhatikan performa mesin, kenyamanan saat anda melakukan perpindahan transmisi dan juga bagaimana cara kerja remnya, pastikan jika mobil yang anda pilih aman.

Demikianlah ulasan singkat yang dapat kami sampaikan mengenai ciri mobil bekas yang masih bagus. Semoga dengan penjelasan di atas dapat bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *