Kolom Pencarian Menu Utama

Mobil mogok mungkin hal yang kerap terjadi, tapi bagaimana jika mobil mogok saat agan sedang di jalan tol? Hal ini bisa sangat merepotkan. Saat di jalan tol Agan kesulitan menemukan bengkel ,kalaupun ditinggalkan, Agan tidak mungkin menemukan transportasi umum yang berhenti di jalan tol. Jadi wajar jika pengendara mobil merasa panik bahkan bingung menemukan solusinya jika hal ini terjadi.

Mogok di jalan tol

Kondisi panik saat mobil tiba-tiba mogok di jalan tol justru semakin mempersulit keadaan. Pastikan Agan tetap tenang, dan lakukan beberapa langkah berikut ini :

Pastikan Pengamanan dan Keselamatan 

Hal pertama yang mesti Agan lakukan yaitu safety first terlebih dahulu, atau lakukan langkah pengamanan. Caranya dengan menepikan mobil Agan ke bahu jalan. Jika masih memungkinkan, pastikan buat roda kiri kendaraan Agan lebih keluar di bahu jalan, dengan menapakkan mobil di rumput, jadi posisinya lebih keluar. 

— advertisement —

Adapun tujuan menepikan mobil ke rumput ialah untuk menghindari agar pengendara lain sebagai pengguna jalur kiri tidak menyerempet mobil Agan. 

Nyalakan Lampu Hazard

Jika kejadiannya di malam hari, pastikan Agan menyalakan lampu hazard mobil serta lampu kecil. Tujuannya yaitu agar pengendara lain melihat mobil Agan, sehingga kendaraan lain yang melintas bisa mengetahui jika mobil Agan sedang berhenti dan mengalami kondisi darurat di pinggir jalan.

Selain itu, penggunaan lampu hazard pun bisa terlihat dari lokasi yang jauh sehingga kendaraan yang melintas pun akan lebih waspada dan berhati-hati, serta mereka memposisikan kendaraannya lebih ke arah kanan.

— advertisement —

Pasang Segitiga Pengaman

Memasang segitiga pengaman saat mobil mogok di jalan tol, dapat memberitahukan pada pengendara lain jika ada mobil yang bermasalah. Agan bisa memasang segitiga pengaman dengan jarak 10 meter lebih dari belakang mobil, serta lebih keluar dengan jarak 30-50 cm apabila ditarik lurus dari bagian terluar kendaraan di sisi kanan, yang searah perlintasan kendaraan lain.

Jika kondisi jalan tol macet atau sedang padat merayap, Agan bisa memasang segitiga pengaman dengan jarak yang dikurangi sekitar 5 meter. 

Langsung Keluar dari Kendaraan

Jika mobil tiba-tiba mogok di jalan tol, sebaiknya Agan langsung keluar saja dari mobil. Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya cedera apabila mobil Agan ditabrak dari arah belakang oleh mobil lain yang menggunakan bahu jalan tol. 

Pastikan tidak ada seorang pun yang ada di dalam mobil, karena resikonya bisa cukup parah apabila ditabrak dari arah belakang.

— advertisement —

Coba Cek Kerusakannya

Jika Agan memahami persoalan mesin mobil, Agan bisa memeriksa kerusakan yang terjadi pada mobil Agan yang mogok. Ada beberapa faktor penyebab mesin mobil yang mati mendadak, seperti terjadinya overheating, pompa bensin, dan aki.

Menghubungi Pihak Pengelola Jalan Tol

Jika Agan sedang berada di jalan Tol yang dikelola oleh Jasa Marga, Agan bisa langsung menghubungi kontak hotline di nomor 14080 guna mendapatkan bantuan untuk menderek mobil sampai ke pintu keluar jalan tol terdekat. Sesudah keluar dari jalan tol, Agan bisa menghubungi bengkel resmi atau bengkel langganan. 

Hubungi Penyedia Asuransi

Hal lainnya yang tidak kalah penting ialah Agan harus menghubungi penyedia asuransi kendaraan yang Agan gunakan. Ada beberapa layanan asuransi kendaraan yang menyediakan layanan untuk Derek mobil di wilayah Jakarta, Agan bisa menghubunginya kapan saja.

Kendaraan yang sudah memiliki asuransi biasanya akan langsung diderek menuju lokasi bengkel rekanan penyedia asuransi tersebut untuk direparasi atau diperbaiki kerusakannya. 

Jadi, Agan tidak perlu lagi panik saat menghadapi masalah mobil mogok ketika di jalan tol. Untuk mencegah atau menghindari agar mobil tidak mogok di jalan tol, pastikan Agan sudah mengecek keseluruhan kondisi mobil terlebih dahulu. Terutama untuk komponen-komponen mesin yang sering menjadi penyebab mobil mogok. Hal ini dilakukan untuk kenyamanan Agan saat berkendara, apalagi ketika berkendara di jalan tol. 

Seperti kondisi radiator mobil dan selang yang bocor, karena kebocoran air pada radiator bisa membuat kendaraan Agan menjadi panas bahkan overheat. Hal ini bisa menyebabkan mobil mogok secara tiba-tiba.

Sebagai solusinya agan harus terus menerus mengisi air radiator, jika sudah melewati jalan tol Agan harus segera mengganti radiator mobil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *