Kolom Pencarian Menu Utama

Tahukah Anda bahwa kotoran atau kerak yang menempel pada mesin kendaraan harus dibersihkan agar tidak mengganggu kinerjanya. Jika hal tersebut dibiarkan tentu saja dalam jangka panjang akan menimbulkan karat sehingga merusak penampilan kendaraan Anda. Sebenarnya mencuci mesin kendaraan agar bersih dan mengkilap sangatlah mudah.

Cara Mencuci Mesin Agar Mengkilap

Ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan agar proses pembersihannya yang dilakukan dapat berjalan maksimal. Sebaiknya melakukan pembersihan mesin secara berkala agar debu atau kotoran tidak menempel sehingga membuatnya sulit dibersihkan. Nah, bagi Anda yang sekarang ini tengah bingung mencuci mesin kendaraan agar terlihat mengkilap, pastikan menerapkan beberapa tips berikut.

Cara Ampuh Mengkilapkan Mesin Motor dengan Cepat

Cuci Motor Terlebih Dahulu

— advertisement —

Hal pertama yang perlu dilakukan agar mesin kendaraan bisa mengkilap adalah dengan mencuci kendaraan terlebih dahulu. Agar hasilnya maksimal, maka sebaiknya untuk menggunakan shampoo khusus yang banyak dijual di pasaran. Dalam proses pembersihan, usahakan untuk membersihkan terlebih dahulu bagian kerak blok mesin motor Anda.

Jika memang dirasa menggunakan shampoo tidak mendapatkan hasil yang memuaskan maka Anda bisa menggunakan sabun cuci. Beberapa orang telah membuktikan bahwa sabun cuci ternyata cukup efektif menghilangkan kotoran atau noda yang membandel pada mesin

Baca Juga :

— advertisement —

Gunakan Larutan Asam Cuka

Cara selanjutnya yang terbukti ampuh menghilangkan noda atau kotoran yang membandel pada mesin motor adalah larutan asam cuka. Tahukah Anda bahwa zat asam yang terdapat pada cuka terbukti dapat merontokkan karat sebagai hasil oksidasi besi dengan oksigen. Nah, bagi Anda yang tertarik menggunakan cara yang satu ini sangatlah mudah.

Anda hanya perlu membasahi area permukaan mesin yang akan dibersihkan dengan menggunakan larutan cuka. Kemudian gosok menggunakan sikat hingga bersih dan kotoran benar-benar terangkat dengan sempurna. Perlu diingat, sebaiknya untuk berhati-hati ketika menggunakan cara ini karena larutan asam cuka dapat membuat cat body motor rusak.

Memakai Amplas

— advertisement —

Menggunakan amplas ternyata juga terbukti efektif dapat membuat mesin kendaraan lebih bersih dan mengkilap. Nah, jika permukaan karat masih tergolong ringan maka sebaiknya untuk menggunakan amplas halus. Namun, jika karat sudah terlalu parah atau besar maka disarankan untuk menggunakan amplas yang lebih kasar agar lebih memudahkan Anda.

Biasanya karat timbul dari permukaan blok mesin yang mana terbentuk karena adanya reaksi air yang ada pada blok mesin. Sehingga untuk menghilangkannya dengan mudah dan cepat maka amplas bisa menjadi solusi yang tepat.

Menggunakan Detergen

Sudah tahu bahwa salah satu cara membersihkan karat adalah dengan memakai detergen? Sebagian orang mungkin masih belum mengetahui bahwa detergen merupakan salah satu alat yang terbukti dapat membersihkan mesin kendaraan dengan cepat dan mudah. Namun, perlu diketahui tujuan pembersihan ini adalah untuk memilah atau membedakan kerak yang membandel atau tidak

Pakai Bensin

Satu lagi cara yang bisa dilakukan agar mesin kendaraan Anda bisa terlihat bersih mengkilap adalah dengan menggunakan bensin. Ternyata bahan bakar menjadi salah satu jenis bahan yang terbukti efektif dapat mengangkat kotoran dengan cepat. Bensin atau solar sendiri memiliki sifat mudah terbakar dan juga mempunyai sifat membilas.

Jika Anda tertarik untuk menggunakan cara ini, maka siapkan bensin atau solar ke dalam bak penampungan. Setelah itu, gunakan sikat gigi atau kuas untuk membilasnya. Pembersihan ini terbukti dapat membuat kotoran yang menempel dapat terangkat dengan cepat. Selanjutnya Anda hanya perlu membilasnya dengan air jika dirasa memang sudah selesai.

Tips Merawat Body Motor Agar Selalu Mengkilap

Rutin Mencuci Motor

Salah satu hal yang terkadang sering dilewatkan oleh para pemilik sepeda motor adalah melakukan pembersihan secara rutin. Salah satu pembersihan yang wajib dilakukan adalah mencuci sepeda motor. Beberapa orang menganggap mencuci motor merupakan hal yang sepele untuk dilakukan. Sehingga hal tersebut membuat mereka sebarangan dalam mencuci kendaraannya.

Padahal untuk mencuci kendaraan tidak boleh dilakukan dengan sebarangan. Karena jika dilakukan secara terus menerus tentu saja akan merusak penampilan body motor kendaraan Anda. Untuk membersihkan mobil pastikan untuk menggunakan peralatan yang memang di khususnya untuk kendaraan tersebut.

— advertisement —

Proses Claying

Setelah motor dicuci dengan bersih, selanjutnya yaitu melakukan proses claying. Claying sendiri berfungsi untuk memberikan clay pada seluruh bagian body motor. Dengan  begitu kotoran yang menempel pada body motor bisa terangkat dengan sempurna.

Dengan melakukan proses claying ini Anda akan mendapati motor Anda jauh lebih bersih dan mengkilap dibanding sebelumnya. Namun, meski begitu tidak hanya sampai di sini saja karena masih ada beberapa hal yang perlu dilakukan agar kendaraan Anda bisa bersih secara sempurna.

Lakukan Polishing

Dalam proses yang satu ini baret-baret halus akan disingkirkan. Untuk menghilangkan sisa wax yang tertinggal maka sebaiknya untuk menggunakan paint cleaner. Untuk melakukannya sangatlah mudah, Anda hanya perlu menggosokkannya secara merata hingga baret-baret yang ada di body motor bisa hilang secara sempurna.

Selain bagian body kendaraan, maka disarankan untuk memoles di bagian logam dari motor kendaraan Anda. Hal tersebut perlu dilakukan agar tidak kalah kinclong dengan bagian body nya.

Setelah melakukan polishing, maka selanjutnya Anda bisa melakukan waxing atau proses poles. Tujuannya dilakukan waxing adalah untuk melindungi body motor agar tetap kinclong walaupun terpapar sinar UV. Jika Anda ingin hasilnya awet dan tahan lama, maka pastikan untuk menggunakan wax sintetik yang banyak dijual di pasaran.

Nah, itulah beberapa cara membuat mesin kendaran Anda terlihat lebih bersih dan kinclong. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, pastikan untuk menerapkan beberapa langkah yang sudah disebutkan di atas. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *