Kolom Pencarian Menu Utama

Cara agar bodi motor mengkilap di bawah ini bisa Anda lakukan untuk membuat motor Anda kembali mengkilap seperti baru. Ya, setelah motor sering dipakai, terpapar panas dan hujan, pasti motor tersebut bodinya akan kusam, baret dan bahkan berkarat.

Cara Agar Bodi Motor Mengkilap
otomoto.id

Salah satu cara mengkilapkan bodi motor dengan instan tentu bisa langsung datang ke salon motor terdekat saja. Tapi Anda  harus tahu bahwa cara ini tidaklah murah, butuh biaya yang cukup mahal. Namun jangan khawatir, kali ini saya akan ulas cara menjaga dan tips mencuci motor selalu tampil mengkilap.

Tips Bodi Motor selalu Mengkilap

Jauhkan Penggunaan Detergen
Hal pertama untuk membuat bodi motor tetap mengkilap dan tidak rusak adalah dengan tidak menggunakan detergen ketika mencucinya. Penggunaan detergen saat mencuci motor malah akan memudarkan warna cat motor yang asli.

— advertisement —

Jadi jika ingin mencuci motor, usahakan untuk selalu menggunakan sampo khusus untuk mencuci motor. Usahakan untuk menghindari sampo motor yang di dalamnya ada kandungan Hcl, NaOH dan KOH. Karena kandungan bahan ini sangat berbahaya dan dapat merusak lapisan cat motor Anda, hasilnya malah jauh dari kata mengkilap.

Jauhkan Dari Sinar Matahari Secara Langsung
Agar bodi motor mengkilap dalam waktu yang lama, Anda harus menjauhkan motor tersebut dari sengatan sinar matahari secara langsung. Misalnya saja saat parkir, carilah lokasi parkir yang teduh yang tidak ada sinar matahari yang menerobos.

Motor yang terlalu lama terpapar sinar matahari secara langsung akan rusak lapisan cat di bodinya. Sinar matahari memang mengandung sinar ultraviolet yang mampu merusak lapisan cat di bodi motor dan membuatnya kusam.

— advertisement —

Cuci Motor Setelah Kehujanan
Selalu mencuci motor setelah kehujanan juga bisa menjadi cara agar bodi motor selalu mengkilap. Air hujan memang berbahaya, karena dapat membuat bodi motor karat yang ujungnya akan merusak lapisan cat motor.

Kemudian jangan langsung mengelap motor yang baru saja terkena air hujan. Karena, jika Anda belum tahu, air hujan mengandung debu. Jika langsung dilap, maka debu-debu tersebut akan membuat motormu baret bodinya.

Gunakan Kompon dan Poles
Baret pada motor akan membuat bodi motor sama sekali tidak mengkilap, namun jangan khawatir, ada cara mudah untuk menghilangkan baret/goresan tersebut. Cara tersebut adalah dengan menggunakan kompon dan poles.

Kompon adalah gel yang bisa menghilangkan baret pada bodi motor dan membuatnya mengkilap, begitu juga dengan Poles. Caranya gosok bagian bodi motor yang terkena baret dengan kompon, setelah goresannya hilang baru Anda bisa menggunakan Poles untuk mengkilapkannya.

— advertisement —

Penggunaan Poles ini sebaiknya setelah motor dicuci, agar tidak ada debu dan kotoran yang malah akan membuat bodi motor tergores ketika digosok dengan Poles. Oya, hindari juga penggunaan Kompon yang berlebihan karena malah akan merusak cat motor.

Gunakan Beeswax
Cara agar bodi motor mengkilap berikutnya adalah dengan menggunakan Besswax. Selain sebagai salah satu bahan produk kecantikan, Beeswax ini juga ampuh untuk merawat motor agar selalu mengkilap. Selain itu Beeswax juga bisa membuat cat tidak mudah pudar dan mengelupas.

Cara Mencuci Motor Agar Mengkilap

Persiapan
Mencuci motor memang kelihatan sepela, karena tinggal menggosok dan menyiram bagian motor yang kotor terkena debu dan lumpur. Namun untuk mencuci motor agar mengkilap, Anda harus tahu caranya.

Selain harus menggunakan sampo khusus motor, Anda juga harus menyiapkan 2 timba. Satu untuk campuran air dan sampo, sedangkan satunya lagi berisi air bersih untuk membilas applicator.

Applicator yang dimaksud dalam tulisan ini adalah media yang digunakan untuk mencuci motor. Misalnya saja busa, kanebo, sea sponge dan lain-lain. applicator tersebut harus bersih agar tidak ada debu yang bisa menggores permukaan bodi motor.

Setelah air sampo dan media siap, Anda bisa mencuci motor seperti biasanya. Jika sudah Anda bisa mengeringkan motor, bisa menggunakan microfiber waffle weaff drying towel atau kanebo yang harganya lebih terjangkau.

Proses Claying
Claying adalah proses pengangkatan kerak yang membandel pada motor. Kerak dan kotoran bandel tersebut tidak mungkin hilang jika hanya dicuci saja. Caranya adalah dengan menggunakan calybar yang sudah dilumasi dengan quick detailer pada bagian motor yang ada kerak dan kotoran membandel.

Polishing
Selanjutnya Anda bisa polishing agar baret dan goresan pada motor bisa dihilangkan. Caranya adalah dengan menggunakan pain cleaner dan gosok hingga rata dan menyeluruh hingga baret hilang.

Waxing
Waxing ini berguna sekali untuk membuat bodi motor Anda tetap mengkilap meskipun terpapar sinar matahari dan debu-debu halus. Gunakan wax sintetik yang banyak beredar untuk hasil yang lebih awet.

Demikianlah ulasan cara agar bodi motor mengkilap yang bisa Anda pratikkan di rumah. Motor adalah teman setia perjalanan kita, tampilan motor juga akan mempengaruhi penampilan kita. Oleh sebab itu pastikan motor Anda selalu mengkilap dengan menerapkan cara dan tips di atas.

— advertisement —

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *