Kolom Pencarian Menu Utama

Saat akhir pekan tiba, bukan hanya aktifitas seperti piknik saja yang bisa agan lakukan. Untuk laki-laki yang punya motor kesayangan, biasanya melakukan kegiatan kecil seperti mencuci motor sendiri. Mencuci kuda besi kesayangan memang bisa dilakukan dengan mudah dengan mengunjungi tempat cuci steam.

Tips Mencuci Motor Sendiri

Tetapi dengan mencuci motor sendiri, agan bisa lebih memperhatikan banyak hal yang mungkin terlewatkan oleh pegawai cuci steam. Mending kalau lagi sepi, pegawainya gak ugal-ugalan kalau lagi bersihin motor kita.

Bukan hanya menghilangkan kotoran-kotoran yang menempel, agan juga bisa melakukan pemeriksaan-pemeriksaan kecil. Contohnya saja memeriksa kekencangan rantai, sampai mengecek baut atau mur yang bisa saja longgar.

— advertisement —

Memilih Sabun Yang Tepat

Hindari penggunaan sabun yang mempunyai sifat keras yang bisa merusak lapisan cat body motor. Terkait dengan kebiasaan orang menggunakan sabun untuk membersihkan piring. Ternyata kandungan lemak di dalam sabun ini, lama kelamaan bisa membuat cat cepat kusam.

So, Lebih baik menggunakan sampo khusus motor atau sabun yang tidak keras. Contohnya seperti sabun yang digunakan untuk keramas alias sampo rambut, karena tidak membuat cat kusam.

Tidak Menyemprot Motor Dengan Air Bertekanan Tinggi

Menyemprot air dengan tekanan tinggi pada bagian kelistrikan dan pengapian cukup beresiko menimbulkan konsleting dan masuknya air ke ruang bakar. Sebaiknya gunakan semprotan ringan saja atau cukup dibasuh saja menggunakan gayung.

— advertisement —

Hindari Mencuci Langsung Bodi Motor

Mencuci langsung pada bagian bodi bisa membuat permukaan bodi tergores. Karena, bisa saja masih ada pasir-pasir yang menempel di bodi motor. 

Mulai Dari Kaki-kaki Motor Terlebih Dahulu

Saya sarankan buat agan untuk membersihkan bagian kaki-kai terlebih dahulu. Bagian bawah motor lebih kotor ketimbang cover bodi, karena percikan kotoran dari ban. Semprot terlebih dahulu bagian kaki-kaki untuk meminimalisir kotoran yang menumpuk. Setelah itu baru kita cuci menggunakan sabun.

Jangan gunakan lap yang sama bekas membersihkan kaki-kaki untuk membersihkan cover bodi motor. Takutnya ada pasir-pasir kecil yang bisa membuat cat tergores.

Tunggu Suhu Mesin Dingin

Ada baiknya agan mencuci motor tunggu mesin dalam keadaan dingin dulu. Risikonya, mesin yang masih panas dan langsung terkena air bisa rusak pada bagian blok mesin dan pangkal knalpot.

— advertisement —

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *