Kolom Pencarian Menu Utama

Mengendarai motor tidak hanya bagaimana membuatnya melaju saja. Selain itu ada hal yang tak kalah urgent dari motor, yaitu bagaimana cara kita mengendalikan dan membuatnya berhenti saat kencang maupun lambat. Berkaitan dengan itu yang menjadi salah satu fokus pengguna motor adalah peran rem untuk menjada keselamatan berkendara.

Ciri Kampas Rem Motor Mulai Habis

Untuk itu penting sekali agan memperhatikan kondisi rem motor, di dalamnya ada salah satu komponen yang wajib diberi perhatian khusus yaitu kampas rem. Kampas rem mempunyai masa pakai yang berbeda pada setiap kendaraan tergantung cara berkendara. Rem yang paling sering diganti karena menjadi komponen utama dalam proses pengereman.

Implementasi rem pada motor zaman sekarang, rem cakram banyak digunakan untuk roda bagian depan. Meskipun begitu ada juga motor yang menggunakan cakram pada roda belakang. Pada sistem tromol bekerja dengan memanfaatkan tekanan kampas rem pada dinding drum brake. Sementara itu pada jenis cakram, pengereman mengandalkan daya jepit kampas rem pada cakram.

— advertisement —

Melihat Secara Langsung

Untuk rem cakram cara mengecek tingkat keausan kampas rem adalah dengan melihat alur-alur pada kampas remnya. Apabila kampas sudah menipis, disarnakan segera lakukan pergantian kampas baru.

Suara Berdecit

Cara untuk mengetahui kampas rem sudah aus adalah mendengar dari suara ketika roda berputar. Biasanya akan muncul bunyi decitan yang terjadi karena kampas sudah menipis. Suara ini biasanya juga muncul ketika rem basah atau sudah kotor, namun jika masalahnya seperti itu, akan hilang ketika kering atau dibersihkan.

Tuas Rem Lebih Dalam

Masalah ini dapat agan identifikasi pada sistem rem tromol. ampas yang menipis memperbesar jarak antara dinding permukaan kampas dengan dinding cakram atau drum sehingga membuat jarak tarik tuas rem semakin jauh.

— advertisement —

Batas Aus

Perlu agan tahu bahwa pada kampas rem ada indikator keausan yang dapat kita jadikan patokan. Indikator ini biasanya berupa lubang yang membentuk garis pada dinding kampas. Apabila lubang garis tersebut sudah menipis atau tak terlihat, itu tandanya kampas harus diganti.

Minyak Rem Berkurang

Ketika kampas rem aus, jumlah penggunaan minyak rem jadi lebih banyak dari biasanya. Artinya ketika kampas rem menipis minyak rem berkurang banyak, karena tidak maksimalnya sistem pengereman.

Perawatan berkala komponen rem cakram atau rem tromol disarnakan untuk dilakukan setiap 10.000 kilometer sekali, agar performa pengereman tetap terjaga. Gunakan kampas rem berkualitas baik, atau amannya menggunakan kampas rem original bawaan pabrik.

— advertisement —

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *