Kolom Pencarian Menu Utama

Ada banyak alasan kenapa banyak orang memilih melakukan perjalanan di malam hari.Mengemudi saat malam hari merupakan pilihan yang menguntungkan untuk sebagian orang. Salah satu alasannya ialah berkendara di malam hari cenderung lebih lengang karena terbebas dari macet, sehingga bisa datang lebih cepat. 

Tips Berkendara Dengan Aman di Malam Hari

Meskipun demikian, tidak sedikit orang yang malas mengemudi di malam hari, sebab mereka merasa lelah sudah beraktivitas seharian. Selain itu, ada kaitannya dengan fokus mata dan jarak pandang jika berkendara di malam hari.

Apapun alasan Agan berkendara di malam hari, tetap perhatikan beberapa tips berikut ini :

— advertisement —

Redupkan Lampu Dasbor dan Lampu Indikator

Jika mobil Agan mempunyai fitur dimmer switch, sebaiknya redupkan lampu instrumen dan dashboard mobil sebab cahaya terang yang berasal dari lampu LED pada dasbor serta layar infotainment bisa menciptakan penerangan yang tak perlu, bahkan bisa membuat fokus mata Agan terganggu. 

Redupkan lampu dashboard untuk menghindari pantulan cahaya pada kaca depan yang memungkinkan mata Agan melakukan penyesuaian penglihatan saat mengemudi dalam kondisi gelap. 

Manfaatkan Headlight Dengan Bijak

Saat Agan mengemudi di area yang kurang pencahayaan, seperti di lingkungan pedesaan, biasanya Agan tergoda menyalakan lampu high beam atau lampu sorot jauh, namun jangan lupa mengalihkannya ke dalam sorot rendah saat ada kendaraan lain yang mendekat. Di samping itu, tetap pakai lampu sorot rendah saat mengikuti kendaraan yang lain. Hindari pemakaian lampu sorot jauh agar tidak menyilaukan penglihatan kaca spion pengguna kendaraan di depan Agan.

— advertisement —

Pastikan Kaca Mobil Tetap Bersih

Tips selanjutnya pastikan kebersihan kaca mobil tetap terjaga, begitupun komponen mobil lainnya. Jadi sebelum Agan mengemudi di malam hari, usahakan untuk selalu memeriksa kebersihan kaca mobil, entah itu kaca luar ataupun dalam mobil. Kotoran atau debu yang melekat di kaca dapat mengganggu penglihatan.

Selama di perjalanan, apalagi jika turun hujan sebaiknya aktifkan wiper mobil Agan agar tetesan air hujan tidak menghalangi pandangan.  

Gunakan Kacamata Anti-Reflektif

Untuk meningkatkan penglihatan dan visibilitas lebih baik ketika mengemudi saat malam hari, pakailah kacamata yang sesuai. Agan bisa memakai lensa kacamata berdasarkan rujukan dokter dengan lapisan anti reflektif. Dengan adanya lapisan tersebut, bisa meredam cahaya yang tak diperlukan, karenanya memungkinkan cahaya lebih banyak guna membantu penglihatan Agan saat malam hari.

Tetap Konsentrasi

Mengemudi di malam hari tentu saja memerlukan konsentrasi sangat tinggi. Agan wajib memperhatikan samping kiri dan kanan jalan, dan tetap menjaga agar pandangan tetap lurus ke depan. Selain itu, jangan bermain ponsel ketika Agan sedang menyetir. JIka ingin menerima atau melakukan panggilan, cara amannya yaitu berhenti sebentar.

— advertisement —

Sehingga Agan dapat mengirimkan pesan atau menelepon lewat ponsel tanpa rasa was was takut menabrak atau terjadi kecelakaan.

Sesuaikan Headlight dan Kaca Spion

Walaupun lampu depan biasanya diarahkan dengan tepat oleh produsen perakitan, sebaiknya pastikan teknisi servis berpengalaman memeriksa arah lampu bagian depan mobil Agan kembali untuk memastikannya dapat menerangi jalan tanpa menyilaukan para pengemudi lain yang berasal dari arah yang berlawanan.

Selain itu juga, supaya terhindar dari lampu kendaraan belakang Agan yang menyilaukan, sebaiknya arahkan spion luar kendaraan ke bawah sedikit. Lalu alihkan juga kaca spion dalam Agan ke dalam pengaturan Auto Dim atau Night, untuk mencegah silau.

Waspada Hewan yang Lewat di Jalan

Ketika Agan berkendara di malam hari, kucing atau anjing sering ditemukan melintasi area jalan raya. Maka dari itu, Agan harus benar-benar waspada akan hal ini. Sebab sorot lampu pada high beams Agan bisa saja gagal menerangi sehingga bisa membahayakan Agan ketika melakukan pengereman. Agar terhindar dari tabrakan, Agan harus memperhatikan cahaya lampu headlight yang terpantul pada mata kucing atau anjing tersebut.

Beristirahatlah Jika Mengantuk dan Lelah

Supaya Agan aman berkendara saat malam hari, sebaiknya beristirahatlah saat rasa kantuk menyerang. Jangan pernah memaksakan mengemudikan mobil ketika tubuh kelelahan bahkan sudah mengantuk. Sebab kondisi ini bisa meminimalisir tingkat kewaspadaan. Dampaknya, Agan tidak memperhatikan rambu-rambu lalu lintas, atau bahkan bisa menyebabkan kecelakaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *