Kolom Pencarian Menu Utama

Moda transportasi ini banyak diandalkan oleh kebanyakan orang Indonesia saat akan bepergian jauh, namun hal ini acap kali menimbulkan efek samping naik motor jarak jauh. Meski demikian tak dapat dipungkiri kendaraan roda dua ini sangat ekonomis, dan dengan berkendaraan menggunakan sepedah motor ini bisa menjadi sarana anti macet.

Efek Samping Naik Motor Jarak Jauh

Dengan motor agan dapat bermanuver untuk hindari kemacetan, karena kepraktisannya pengendara mudah menembus kemacetan di perjalanan. Dari semua keunggulan ini agan mesti waspada, kenapa demikian? Sebab dengan berkendara dengan motor ini memiliki efek samping yang dapat menyebabkan penyakit yang akan agan idap. Berikut ini beberapa efek samping yang timbul gara-gara naik motor jarak jauh.

Efek Samping Naik Motor nyeri di bagian tubuh tertentu

Perjalanan jarak jauh yang ditempuh dapat meningkatkan risiko kram dan nyeri di beberapa bagian tubuh agan. Bagian tubuh yang acap kali terserang yakni bahu, pinggul, punggung, dan lutut. Agar mengurangi keluhan ini, ada baiknya agan melakukan peregangan tubuh dahulu sebelum mengendarai motor. Agan bisa senam ringan untuk lemaskan sendi-sendi tersebut.

— advertisement —

Gangguan pada saluran pernapasan

Adapun risiko yang akan agan dapati karena berkendara jarak jauh adalah penyakit pernapasan berupa TBC, ISPA atau Infeksi Saluran Pernapasan Akut, dan Bronkitis. Saat bermotor pastinya agan terkena angin yang mengenai dada, di mana menjadi pemicu utama yang menyebabkan penyakit ini. Oleh sebab itu, sebaiknya agan selalu gunakan jaket untuk melindungi tubuh dari angin dan masker untuk melindungi hidung serta mulut dari debu.

Baca Juga :

Iritasi mata

Keluhan umum yang biasa diutarakan penggunaan sepeda motor yakni mata perih, yang diakibatkan asap, paparan angin, dan polusi yang menerpa mata ketika bermotor. Adapun solusi untuk masalah ini, dianjurkan untuk senantiasa menyiapkan obat tetes mata di bagasi motor atau tempat lainnya. Sehingga, ketika mata agan terasa kering, bisa langsung gunakan obat tetes mata yang agan bawa.

— advertisement —

Tinnitus

Agan pernah mengalami telinga berdenging? Kalau pernah, hal ini bisa disebabkan agan sering berkendara yang jaraknya lumayan jauh dan terlalu sering pula bermotor jauh jaraknya. Ditambah minimnya pelindung di kepala agan saat bepergian dengan motor adalah sebab utama timbulnya penyakit ini. Untuk hindari tinnitus ini, kenakanlah helm yang sesuai standar nasional Indonesia.

Masalah kulit, terutama jerawat

Efek samping naik motor jarak jauh ini bisa menimbulkan masalah kulit, tak dapat dipungkiri bahwa asap dari kendaraan merupakan musuh utama untuk pengguna sepedah motor. Tak hanya gangguan kesehatan pernapasan, asap juga menimbulkan gangguan kulit misalnya jerawat. Pastinya hal ini bisa ganggu kenyamanan agan karena jerawat menurunkan rasa kepercayaan diri.

Saraf terjepit

Berdasarkan Ahli Ortopedi, jika agan mengendarai sepedah motor tiap hari secara intens dapat menyebabkan saraf terjepit. Tubuh yang menerima getaran dari motor yang dalam jangka panjang memungkinkan saraf agan robek. Sangat dianjurkan bagi agan pengguna roda dua untuk rutin olahraga supaya melatih saraf dalam tubuh. Tak lupa banyak makan makanan yang mengandung protein dan kalsium untuk membuat otot agan lebih kuat.

Wasir

Efek samping yang perlu agan waspadai karena berkendara jarak jauh ini yaitu wasir, bila dalam dunia kedokteran hal ini dinamakan hemoroid. Penyakit ini muncul akibat peradangan dan pelebaran pembuluh darah balik pada anus, hal ini disebabkan agan terlalu lama duduk ketika mengendarai motor. Apabila agan bepergian jarak jauh, ada baiknya menyempatkan berhenti beberapa saat untuk beristirahat, paling tidak dua atau tiga jam sekali.

— advertisement —

Bell’s Palsy

Efek samping terakhir yang akan mengintai pengendara motor ini, dapat disebabkan paparan angin yang langsung mengenai wajah agan saat mengendarai motor. Agan akan mengalami gejala seperti perubahan sebagian wajah penderita yang terkena stroke ringan. Supaya agan terhindar dari hal ini, usahakan agan selalu pakai helm untuk tutupi kepala dan bagian wajah. Bisa juga dengan memakai masker.

Dengan mengetahui efek samping naik motor jarak jauh ini agan jadi lebih waspada dan lebih berhati-hati. Lakukanlah persiapan yang diperlukan agar agan selamat sampai tujuan dan tak mengalami efek samping seperti yang diurai di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *