Kolom Pencarian Menu Utama

Tips untuk mempersiapkan segala hal penting sebelum memutuskan berangkat mengendarai motor untuk jarak yang jauh memang tak bisa untuk disepelekan. Persiapan mulai dari segi kendaraan sampai juga pengendaranya wajib dijadikan sebagai fokus utama. Antara hal teknis maupun juga persiapan fisik serta mental jangan sampai luput dari perhatian. Lebih lanjutnya akan kami bahas berikut ini.

Tips Mengendarai Motor untuk Jarak Jauh

Berkendara jauh dengan menggunakan motor bisa sangat mengasyikkan jika menggunakan persiapan serta perhitungan matang. Pengendara bisa jauh lebih leluasa menikmati serta mengatur perjalanan sesuai dengan kemampuan personal. Namun beberapa potensi kendala juga tak bisa diabaikan begitu saja. Misal potensi lelah dan seterusnya. Untuk meminimalisir kendala, Anda bisa perhatikan tips ini.

Tips Mengendarai Motor Jarak Jauh

— advertisement —

Memahami Jalur Medan

Tips paling utama saat ingin bermotoran jarak jauh ialah dengan membekali diri mengenai pengetahuan seputar destinasi yang akan dituju. Perhitungkan secara matang berapa jarak yang butuh Anda tempuh. Carilah juga perkiraannya akan bagaimana bentuk medan yang akan dihadapi. Misalnya rute jalanan perbukitan atau jalanan sepanjang pesisir pantai. Semua hal butuh persiapan detail tersendiri.

Baca Juga :

Andalkan gawai Anda yang mumpuni sebagai alat panduan. Misalnya saja untuk melihat peta maupun mencari jalur jalanan yang paling efisien. Persiapkan performa gawai Anda tersebut dengan optimal agar bisa benar-benar diandalkan kala dibutuhkan saat dalam perjalanan. Sebelum melakukan touring, ada baiknya Anda mencari informasi sebanayak-banyaknya terkait rute serta destinasi tujuan tersebut.

— advertisement —

Hal yang tak bisa Anda sepelekan ialah memahami perihal cuaca yang kemungkinan akan Anda temui selama perjalanan. Hal tersebut bisa membuat persiapan peralatan touring Anda jadi lebih optimal. Ada bagusnya juga Anda senantiasa tersambung dengan grup komunitas touring. Hal tersebut akan sangat optimal untuk penghubung komunikasi informatif dengan para ahli yang profesional.

Persiapkan Fisik

Bermotoran untuk jarak jauh selain memberi panorama mengagumkan, juga tentu akan menyita energi Anda lebih ekstra. Tak seperti halnya mengendarai mobil yang bisa lebih santai. Dengan mengendarai motor maka Anda dituntut untuk mengoptimalkan ketahanan fisik maupun juga daya fokus menyetir Anda. Ada baiknya sebelum memulai perjalanan, lakukan pemanasan fisik yang mumpuni ya.

Jangan lupa juga untuk mempersiapkan asupan kalori atau bekal energi Anda. Terlebih dahulu isi perut Anda dengan makanan bernutrisi sebagai penunjang kekuatan fisik. Jaga tubuh jangan sampai berpotensi kekurangan cairan demi fokus yang lebih optimal. Lakukan peregangan tubuh sebelum mulai berangkat. Hal tersebut untuk melancarakan darah serta melenturkan otot agar siap berkendara.

Perhatikan Setting Motor

Persiapan sebelum melakukan touring alangkah baiknya Anda menyempatkan untuk membawa motor ke ahli mekanik terpercaya. Konsultasikan kondisi motor Anda tersebut. Nyatakan jika Anda akan melakukan touring dalam waktu dekat. Biasanya mekanik akan seksama memeriksa standar settingan motor Anda. Mulai dari kondisi mesin, knalpot, lampu, shock breaker dan seterusnya demi safety yang maksimal.

— advertisement —

Lengkapi Peralatan Pendukung

Sebelum melakukan touring jarak jauh Anda harus siapkan segala surat penting berkendara. Misal SIM serta STNK. Perhatikan pula perlengkapan penunjang semisal fitur lampu kabut, pelindung mesin, win shield, perangkat box dan lain sebagainya. Hal tersebut harus diperhatikan seksama demi kelancaran, keselamatan serta kenyamanan Anda kala berkendara motor untuk jarak yang jauh.

Trik Jarak Aman

Saat dalam perjalanan touring Anda, perhatikan juga mengenai etika berkendara dalam batas jarak aman dengan kendaraan di depan Anda. Untuk kecepatan 40 km/jam Anda dianjurkan menjaga jarak aman sekitar 5 meter. Sedangkan untuk kecepatan kisaran 60 km/jam usahakan jarak aman sekitar 10 meter. Untuk kecepatan di atas batas tersebut usahakan jarak amannya juga melebihi 10 meter.

Sebagai trik pengereman motor yang ideal agar kendaraan Anda tetap imbang dan stabil lajunya, Anda juga perlu mempelajarinya. Kisaran penggunaan rem kala berkendara ialah mengalokasikan 60 persen pada rem depan dan 40 persennya pada rem bagian belakang. Ukuran pengereman seperti aturan tersebut bisa diandalkan untuk mengurangi kecepatan secara efektif namun juga tetap aman ya.

Perhatikan Bahan Bakar

Bicara tentang bahan bakar tentunya sekaligus berbicara antara kebutuhan motor dan juga pengendara. Secara berkala cek kebutuhan bahan bakar kendaraan Anda. Sedari awal seharusnya Anda bisa memperhitungkan perihal kebutuhan bahan bakar kendaraan Anda ini. Nah, jika bicara tentang pengendara, maka bahan bakar erat juga kaitannya dengan waktu menepi untuk beristirahat. Pilih tempat potensial.

Bisa saja sambil mampir di SPBU, di rest area atau bahkan saat mampir sejenak di masjid. Dalam kurun waktu peristirahatan tersebut perhatikan juga asupan tubuh Anda. Jaga asupan cairan agar terhindar dari dehidrasi. Sempatkan ke toilet agar perjalanan Anda selanjutnya bisa lebih lancar tanpa harus tersendat atau terkendala apapun. Refresh tenaga, pikiran serta fokus Anda untuk melanjutkan perjalanan ya.

Patuhi Marka Jalan

Fokus saat Anda berkendara wajib diutamakan. Apalagi selama berkendara Anda harus jeli dengan ragam marka jalanan yang Anda temui. Perhatikan segala rambu lalu lintas demi keamanan berkendara. Telitilah memilih jalur jalanan yang aman. Fokuslah untuk lebih gesit menghindari lubang jalanan misalnya. Hal-hal sepele tersebut bisa berkontribusi besar demi keselamatan berkendara hingga tujuan Anda.

Demikianlah serangkaian poin list mengenai tips apa saja yang bisa Anda persiapkan, sebelum memulai perjalanan jauh menggunakan motor. Jangan sampai terlewat untuk teliti mempersiapkannya demi kelancaran serta kenyamanan berkendara Anda. Dengan persiapan matang nan benar, berkendara jauh dengan motor bisa menjadi opsi perjalanan super menarik yang benar-benar berkesan ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *