Kolom Pencarian Menu Utama

Semua produk motor pabrikan tidak pernah asal-asalan dalam membentuk semua komponennya. Semua dibuat berdasarkan standar keamanan dan kenyamanan. Agar semua part pada motornya mepunyai durabilitas yang baik juga bisa memberikan kenyamanan berkendara.

Tips ini Sebelum Mengganti Ban Standar ke Ban yang Lebih Lebar

Tetapi tidak semua bagian yang diberikan pabrikan seperti motor honda, motor yamaha dan lainnya memuaskan konsumen. Makanya ada yang motornya baru sampai dari diler langsun di modifikasi, salah satunya mengganti ban bawaan pakai ban yang lebih lebar.

Keuntungan dan kerugian memakai ban lebih lebar dari bawaan

Kelebihan memakai ban lebih lebar
Penggunaan ban lebih lebar biasanya bisa menambah kenyamanan jika diperhitungkan dengan benar. Selain itu ban lebar dianggap bisa lebih meredam benturan saat melalui jalan yang tiak rata. Dari segi penamplan juga bisa bertambah, karena terlihat lebih padat.

— advertisement —

Kekurangan memakai ban lebih lebar
Tidak kalah tenar seperti penggunaan ban cacing, penggunaan ban tapak lebar juga kini digemari banyak orang. Hanya saja penggunaan ukuran ban diluar anjuran pabrikan bisa menganggu kenyamanan bahkan merusak motor, apalagi kalau kita tidak tahu perhitungannya.

Penggunaan ban lebar juga bisa mengurangi kemampuan tarikan awal motor, ketika diajak bermanuver pun tidak akan selincah menggunakan ban bawaan. Ditambah umur pakai dari rantai dan drive belt juga bisa berkurang.

Tips sebelum mengganti ban lebih lebar dari bawaan pabrik

Ukuran velg ikut disesuaikan
Velg yang digunakan juga harus ideal dengan ukuran ban yang nantinya akan kita gunakan. Jika masih menggunakan ban bawaan, yang terjadi ban akan mendonat sehingga daya cengkram ban tidak maksimal, karena hanya bagian tengahnya saja yang menyentuh permukaan jalan.

— advertisement —

Biaya modif ikut membengkak
Pergantian ban lebar tentu saja membutuhkan biaya yang ikut bertambah pula. Biaya pergantian velg beserta arm perlu kita pertimbangkan, dan ini tidak murah. Jika ingin perawatan motor lebih murah ada baiknya kita menggunakan ban dengan ukuran standar pabrik saja.

Perhitungkan kekuatan mesin
ketika mengganti ban yang lebh lebar dari bawaannya, otomatis beban yang dipikul mesin juga kut bertambah. Maka dari itu anda perlu mempertimbangkan kekuatan mesin motor yang anda gunakan. Apakah kuat atau tidak, terlebih ketika melewati jalanan menanjak.

Menghitung rekomendasi ukuran Ban dan Velg
Anda bisa menghitung selisih penggunaan dan dan velg dengan cara ini. Biasanya, naik dua tingkat. Contohnya, velg standar dengan lebar 2,75 inci, ban standarnya selebar 3 inci, maksimal ukuran bannya adalah 3,25 inci, atau setara 100/90. Kemudian, velg 3,25 inci, ukuran ban maksimalnya 4 inci atau 120/70.

Menghitung jarak antara ban dan rantai
Sebelum mengganti ban, arm, dan vekg anda juga perlu memperhatikan permukaan sisi terluar ban terhadap permukaan rantai. Hal ini bertujuan agar ban tidak bergesakan dengan rantai.

— advertisement —

Mengganti ukuran sprocket rantai
Modifikasi seperti ini akan menurunkan torsi dari motor anda. Agar tarikan awal motor tidak terlalu berat anda bisa mengganti sprocket rantai dengan ukuran yang lebih besar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *