Kolom Pencarian Menu Utama

Apa saja tips agar tidak mabuk saat naik mobil? Bentuk pertanyaan yang satu ini kerap kali dinyatakan oleh mereka yang seringkali mengalami masalah mabuk kendaraan. Pada dasarnya mabuk kendaraan sendiri dapat terjadi pada siapa saja, baik itu anak kecil, remaja hingga orang dewasa.

Mabuk perjalanan

Selain itu, hal tersebut juga berlaku bagi laki-laki atau bahkan perempuan. Untuk beberapa orang kejadian ini dirasa cukup memalukan, mending kalau ada kantong kresek. Kalau gak ada, so pasti muntah dibuang ke bagian bawah mobil , dan itu cukup menjijikan buat yang melihat.

Bagi Agan yang hendak melakukan perjalanan dalam jarak jauh dan ingin mengatasi masalah mabuk kendaraan, maka ada baiknya jika mencoba beberapa hal di bagian bawah ini: 

— advertisement —

Perbanyak makan serta minum 

Banyak orang yang berpendapat bahwa makan sebelum naik kendaraan itu dapat menyebabkan rasa mual muncul. Namun kenyataannya tidaklah demikian, rasa mual justru timbul apabila perut dalam keadaan kosong. Cobalah mengkonsumsi makanan dalam jumlah cukup sebelum berkendara. Selain itu, dehidrasi juga dapat menimbulkan rasa mual Agan juga mengisi tubuh dengan minum dalam jumlah yang cukup. 

Mencari udara segar 

Jika sering mengalami masalah mabuk kendaraan, maka ketika berkendara pastikanlah untuk mencari udara segar. Masalah ini juga dapat diatasi dengan memilih posisi duduk dekat dengan jendela. Selain itu, pastikan pula untuk menghindari aroma kuat yang berasal dari parfum, makanan, atau bahkan aroma bensin yang dapat menjadikan perut terasa mual. 

Pemilihan posisi duduk 

Tips selanjutnya adalah memilih posisi duduk. Jika perjalanan yang ditempuh menggunakan kendaraan umum seperti halnya bus, maka pastikanlah untuk memilih posisi duduk di bagian depan. Selain memiliki ruang yang lebih luas, pandangan ke depan pun akan terasa lebih leluasa. Hal ini dapat membantu Agan untuk menghindari mual dengan lebih mudah. 

— advertisement —

Kontrol situasi 

Mereka yang seringkali mengalami mabuk kendaraan adalah penumpang yang duduk di bagian belakang. Sementara supir tidak pernah mengalami mual dan mabuk kendaraan karena otaknya yang terus bekerja termasuk saraf motorik yang terus mengatur perjalanan. Karena itulah, ada baiknya jika Agan memilih posisi duduk di samping sopir. Selain dapat melihat pemandangan yang lebih luas dari bagian depan, ternyata juga dengan mengobrol bersama supir rasa mual bisa terlupakan. 

Makan permen jahe 

Berdasarkan beberapa penelitian yang telah dilakukan, mengkonsumsi permen jahe dinyatakan mampu mengatasi masalah mual yang muncul. Karena itulah jika Agan melakukan perjalanan dalam jarak yang cukup jauh, maka tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi satu ataupun dua permen jahe sebelum keberangkatan dimulai untuk mengatasi dan menghindari rasa mual yang muncul. 

Miliki waktu tidur yang cukup

Memiliki waktu tidur yang cukup tidak hanya diperlukan oleh pengemudi saja, melainkan para penumpang pun sebaiknya memiliki waktu tidur atau istirahat yang cukup sebelum melakukan perjalanan dengan jarak jauh. Mengapa demikian? Karena selain dapat mengurangi rasa ngantuk selama perjalanan, tidur yang cukup juga dapat membantu tubuh agar terasa lebih segar dan tentunya dapat menghindari rasa mual dengan mudah. 

Mengatur mindset 

Cara agar tidak mabuk perjalanan selamnya yang satu ini memang cukup sulit untuk dilakukan. Apalagi jika mabuk kendaraan menjadi salah satu kebiasaan yang tidak dapat dihindari. Jika memiliki tekad yang kuat dan tidak ingin mengalami masalah serupa secara berulang kali, maka tidak ada salahnya untuk mengatur mindset dalam diri sendiri agar tidak muntah atau mengalami mabuk kendaraan saat menempuh lika-liku jalanan.

— advertisement —

Agan dapat berbicara pada diri Anda sendiri untuk menjadi pribadi yang kuat dan tidak akan mengalami mabuk kendaraan sekalipun harus melakukan perjalanan jarak jauh sekali. Selain itu, pastikan pula untuk menghindari hal-hal yang dapat memacu diri Agan merasa mual hingga akhirnya mabuk kendaraan. Seperti pura-pura tidur selama perjalanan dilakukan dan juga membiarkan mobil terlalu lama menggunakan AC tanpa adanya udara segar, dan lainnya. 

Konsumsi obat mabuk kendaraan 

Untuk tips yang satu ini memang sebaiknya tidak dilakukan. Utamanya selama perjalanan tersebut dapat Anda lakukan dengan aman dan tidak mengalami mabuk kendaraan.

Namun jika hal tersebut tidak memungkinkan, dan bahkan Agan tidak yakin dapat menghindari rasa mual serta mabuk kendaraan dengan mudah. Maka pastikanlah untuk mengkonsumsi obat untuk mabuk kendaraan tersebut.

Dalam mengkonsumsi obat tersebut pastikanlah untuk menggunakannya selama 30 hingga 60 menit sebelum perjalanan tersebut dimulai. Sehingga ketika Aganmenaiki mobil dan perjalanan dimulai maka efeknya dapat langsung terasa.

Dari penjelasan di bagian atas tadi, dapat kita lihat bahwa tidak mudah memang untuk menghindari rasa mual dan mabuk kendaraan. Namun jika bisa membiasakan diri untuk melakukan perjalanan dengan menggunakan kendaraan, maka rasa mual yang seringkali muncul pun akan menghilang dan perjalanan pun dapat Anda lakukan dengan lebih nyaman. 

Demikianlah kiranya penjelasan singkat dari tips agar tidak mabuk saat naik mobil yang dapat penulis jelaskan kali ini. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *