free web page hit counter Penyebab Speedometer Motor Rusak, Akibat Kelamaan Parkir di Tempat Panas - RiderGalau.com
Kolom Pencarian Menu Utama

Sebagai pengguna motor, ketika melajukan kendaraan roda dua ini tentunya tetap membutuhkan informasi-informasi penting. Salah satu informasi penting tersebut adalah angka kecepatan, angka RPM, indikator bensin, dan lain-lain. Apalagi zaman sekarang ini, produsen motor cenderung menggunakan speedometer berteknologi digital.

speedometer new vixion rusak

Sama dengan komponen lain, speedometer yang termasuk modern ini juga tidak bisa luput dari kerusakan-kerusakan. Ada banyak penyebab speedometer digital motor rusak, yang salah satunya itu bisa saja karena ada air yang masuk.

Adapun penyebab yang lebih sering menyebabkan komponen ini eror, tidak tampil apapun, sampai dengan sebagian informasi hilang adalah karena paparan sinar Matahari.

kebiasaan parkir terlalu lama di tempat terbuka menjadi alasan speedometer digital cepat rusak. Alangkah baiknya jika anda ada keperluan yang memakan waktu lama, lebih baik motornya di parkir di tempat yang teduh.

Baca juga : Cara Setting Jam Speedometer Ninja 250 FI, New Megapro, Nmax, CB150R, CBR150R, dan Aerox

Kaca speedometer saja bisa pecah-pecah dikarekan kepanasan, apalagi komponen yang ada di dalamnya. Minimal beri penutup agar sinar UV tidak langsung mengenai Speedometer digital.

Selain panas, musuh lainnya adalah kebocoran air. Air yang rembes ke dalam speedometer dapat menyebabkan integrated circuit (IC) regulator dan IC MCU mati total.

Sebagai informasi, perbaikan komponen yang ada di dalam speedometer ini terbilang mahal. Mulai dari 150rb an sampai dengan 500rb an tergantung komponen apa yang rusak.

Apalagi kalau beli yang baru dari pabrikan motornya, bisa sampai 1 jutaan. Lebih baik kita cegah penyebab speedometer digital motor rusak

READ  Aturan Penggunaan Strobo Rotator dan Sirine yang Benar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *