Kolom Pencarian Menu Utama

Perbedaan Parkir dan Berhenti – Kadang membingungkan kedua tanda larangan ini seringkali dianggap sama, padahal tanda parkir dan berhenti itu adalah sesuatu yang berbeda. Bahkan mungkin saja beberapa aparat polisi juga ada yang tidak tahu perbedaanya.

Perbedaan Parkir dan Berhenti

Awal viralnya dimulai dari acara TV di NET yang menayangkan kejadian perdebatan antara seorang sopir taksi dengan dua polisi saat “Berhenti” di kawasan yang ada tanda larangan “Parkir”, polisi tersebut menilang sopir taksi itu karena yakin kalau ia sedang parkir di kawasan Dilarang Parkir.

Pada saat itu, sopir taksi merasa ia tidak bersalah, karena ia yakin bukan sedang parkir, melainkan sedang berhenti. Sopir ini menjelaskan dengan yakinnya kalau ia tidak turun dari mobil, karena kalau ia turun dari mobil artinya ia sedang “Parkir” bukan “Berhenti”.

— advertisement —

Banyak yang mengira Parkir dan Berhenti itu merupakan keadaan yang sama, jadi untuk menambah wawasan kita akan bahas hal ini.

Contoh Implementasi Parkir dan Berhenti

Jadi kalaupun agan mau berhenti di area tanda Dilarang Parkir silahkan saja asal tidak meninggalkan kendaraannya, karena sewaktu-waktu jika menghalangi jalan maka kendaraan harus dipindahkan. Kalau agan meninggalkan kendaraan agan itu namanya “Parkir”, dan agan bakalan kena tilang.

Definisi Parkir Menurut Undang-undang

Olehkarena itu agan harus bisa membedakan keduanya agar agan bisa membela diri ketika agan “Berhenti” di area Dilarang Parkir, kemudian ada polisi yang ingin menilang agan dengan alasan “Parkir”  padahal agan dalam keadaan “Berhenti” bisa membela diri, dan jangan lupa ada pasal yang menjelaskan perbedaan Parkir dan Berhenti, yaitu :

— advertisement —

Undang-undang nomor 22 tahun 2009
Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan

BAB I Pasal 1 No.15 & 16

15. Parkir adalah keadaan Kendaraan berhenti atau tidak bergerak untuk beberapa saat dan ditinggalkan pengemudinya.
16. Berhenti adalah keadaan Kendaraan tidak bergerak untuk sementara dan tidak ditinggalkan pengemudinya.

Semoga bermanfaat yah gan penjelasan tersebut 😀 .

— advertisement —

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *