Kolom Pencarian Menu Utama

Sudah pernahkah agan dapat pertanyaan seperti pembeli yang menanyakan keberadaan faktur kendaraan bermotor yang akan dijual ?. Mungkin saja karena tidak tahu apa itu fungsi faktur anda bisa saja membuangnya. Kemudian agan menjawab tidak ada kepada calon pembeli kendaraan, baik itu mobil ataupun motor.

Faktur Kendaraan Bermotor

Faktur kendaraan bermotor adalah sebuah dokumen yang berisikan data terkait kendaraan. Contoh informasi yang tertera disana adalah nomor mesin, no rangka, sampai banderolan pabrik dari diler asal dan nama pembeli.

Jadi faktur ini kita dapatkan ketika diler menjual produknya. Ketika proses pembeian selesai, maka diler akan membuatkan faktur kendaraan bermotor yang jumlahnya ada 4 rangkap.

— advertisement —
  1. Dua rangkap untuk Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Kepolisian sebagai pengantar pengurusan STNK dan BPKB
  2. Satu rangkap untuk Diler
  3. Satu rangkap lagi untuk kita sebagai pembeli

Dalam tiap rangkapnya dicantumkan peruntukannya untuk pihak mana saja. Jadi misalkan kalau faktur anda hilang, anda tidak bisa meminta 1 rangkap yang disimpan dari diler asal pembelian kendaraan.

Fungsi Faktur Kendaraan Bermotor

Faktur kendaraan bermotor pada saat itu berfungsi untuk administrasi pembuatan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan pembuatan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB).

Baca Juga :

— advertisement —

Manfaat Faktur Kendaraan Bermotor

Bukti sah pembelian kendaraan

Faktur ini bermanfaat juga sebagai bukti sah pembelian kendaraan sebelum adanya STNK dan BPKB yang dibuat pihak SAMSAT. Karena dokumen ini juga yang menjadi dasar pembuatan dokumen-dokumen tersebut.

Ketika berkendara di jalanan faktur ini tidak bisa digunakan sebagai bukti legitimasi, apalagi berkendara jauh. Sebaiknya tetap menunggu STNK diterbitkan.

Setelah STNK dan BPKB diterbitkan, keberadaan faktur ini dianggap tidak terlalu dibutuhkan lagi. Hanya saja sebaiknya agan tetap menyimpan faktur ini dengan baik.

Penambah bukti legalitas untuk proses penjualan kendaraan bekas

Jika nanti agan ingin menjual kendaraan, biasanya pembeli motor bekas menanyakan keberadaan dari faktur penjualan ini. Alasannya sendiri untuk memantapkan kepercayaan dari legalitas kendaraan yang agan jual.

— advertisement —

Walaupun sebenarnya kelengkapan STNK dan BPKB pun sudah cukup kuat sebagai bukti kendaraan bermotor dibeli secara sah dan menjadi bukti sebuah kepemilikan.

Apakah faktur ini diperlukan untuk proses balik nama?

Sebagai tambahan, faktur ini juga tidak diperlukan lagi apabila pembeli kendaraan bekas ingin melakukan balik nama. Karena pada dasarnya keterangan tentang faktur sudah dicantumkan dalam BPKB sebagai dokumen bukti keberadaan kendaraan bermotor.

Faktur diperlukan untuk pengajuan kredit kendaraan bekas?

Beda dengan pembeli biasa, biasanya perusahaan pembiayaan atau multifinance memerlukan keberadaan faktur ini. Jika ada pembeli kendaraan bekas yang mengajukan skema kredit kepada kita. Hal ini dikarenakan terkadang ada perusahaan yang tidak mau menyetujui proses pembiayaan jika kendaraan yang akan dijual tidak mempunyai Faktur.

Jadi seperti itulah fungsi dan manfaat faktur penjualan kendaraan bermotor, walaupun kadang tidak diperlukan. Kalau memang agan mempunyai dokumen ini tidak ada salahnya untuk dijaga dengan baik. Jangan sampai hilang apalagi dimakan tikus, hehe.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *