Kolom Pencarian Menu Utama

Rantai motor memiliki peranan melanjutkan tenaga dari poros engkol menuju roda belakang. Karena punya tugas menggerakan roda belakang, seiring waktu rantai motor tentu akan kering, kendur, sampai rantai harus diganti.

Rantai motor

Umur rantai sepeda motor umumnya bakal lebih pendek jika seringkali terkena air, debu dan kurangnya perawatan yang kita lakukan untuk motor kita. Air bisa membuat rantai mengalami korosi dan debu bisa mengakibatkan rantai cepat kendur.

Maka dari itu melumasi rantai dengan chain lube jadi rutinitas khusus yang perlu dikerjakan secara rutin agar rantai motor tertangani dan dapat digunakan dalam usia pakai yang panjang.

— advertisement —

Pakai Oli Bekas
Perawatan termudah untuk menghindari masalah ini ialah melumasi rantai motor dengan pelumas. Tetapi, banyak pengendara atau bengkel lebih pilih memakai oli mesin sisa untuk melumasi rantai.

Tidak hanya gunakan chain lube, terkadang ada yang menggunakan oli sisa untuk melumasi rantai. Tetapi nyatanya cara itu salah dan juga ada dampaknya.

Gunakan oli bekas untuk rantai motor itu punya efek samping. Sebab gram-gram sisa dalaman mesin yang melekat di oli dapat turut mengakibatkan kerusakan rantai. Tidak hanya dapat mengakibatkan kerusakan rantai sebab banyak gram yang melekat, rantai motor yang diberi oleh oli sisa itu terlihat kurang menarik. Soalnya, kotoran seperti debu akan lebih gampang melekat di rantai yang diberi oli bekas.

— advertisement —

Pakai minyak goreng
Satu diantara pilihan untuk melumasi rantai motor ialah bisa memakai minyak goreng. Tetapi perlu untuk diketahui penggunaan minyak gorengnya juga tidak bisa yang bekas alias minyak ‘jelantah’, mesti memakai minyak yang baru. Karena bila memakai minyak bekas sama saja seperti menggunakan oli bekas yang bisa mengotori rantai.

Kelebihan memakai minyak goreng untuk melumasi rantai ialah warnanya yang bening dengan begitu rantai tampak bersih. Tidak hanya itu, minyak goreng pasti lebih mudah untuk didapatkan.

Tetapi tentu saja pemakaian minyak goreng juga miliki kekurangan. Diantaranya ialah daya tahannya yang tidak sekuat pelumas rantai. Jadi Sobat harus sering-sering mengecheck keadaan rantai, apa sudah kering atau belum.

— advertisement —

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *