Kolom Pencarian Menu Utama

Adakah yang tahu kalau penggunaan komponen rantai bukan di bagian luar mesin saja. Di dalam mesin juga ada komponen yang sama yaitu rantai keteng. Fungsinya juga sudah jelas berbeda, rantai keteng ini digunakan untuk menyalurkan tenaga dari crankshaft ke noken as di dalam mesin.

Rantai Keteng Motor

Cara kerjanya rantai keteng, crankshaft yang berputar mengiringi langkah kerja piston ikut menggerakan rantai yang terkoneksi dengan gear di noken as. Apabila noken as sudah mendapat tenaga dari putaran yang disalurkan rantai keteng, noken as akan menyalurkan tenaganya untuk proses buka-tutup klep.

Karena mempunyai tugas yang vital dalam menunjang kinerja mesin yang baik, maka agan harus benar-benar menajaga kondisi komponen ini dengan baik. Salah satu caranya adalah menjaga cara berkendara agan ketika bersepeda motor.

— advertisement —

Deteksi lebih dini kemungkinan Rantai keteng rusak sebelum makin parah, jika terdapat kerusakan biasanya akan timbul suara berisik di sekitar bawah mesin.

Jika agan biarkan sampai rusak parah sampai rantai lepas, bahkan terjadi ketika mesin menyala. Bisa menimbulkan kerusakan parah di dalam mesin akibat klep yang berbenturan dengan piston. Untuk biaya perbaikan rantai keteng biasanya butuh nominal yang lumayan.

Karena sering bergesakan dengan komponen lain, rantai keteng mempunyai usia pakai. Dan bisa lebih cepat aus jika pengendara motor sering digeber RPM tinggi, karena tingkat gesekan semakin tinggi. Jika rantai keteng sudah aus, sangat disarankan untuk melakukan penggantian rantai keteng sepaket dengan tensioner.

— advertisement —

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *