Tips, Tips Motor by Admin

Tips Mengendarai Motor Kopling Bagi Pemula

–advertisement–

Dari sekian banyak pengendara yang sekarang sudah tahu cara mengendarai motor kpling pasti pernah merasa kesulitan membawa motor kopling ketimbang yang non kopling, yang biasanya tinggal injak pedal transmisi buat oper gigi, yang ini harus menggunakan pedal kopling di tangan bagian kiri agar bisa oper gigi.

Buat agan yang baru belajar pake motor kayak gini gak usah parno dulu takut jumping atau susah belajarnya, gampang-gampang saja, sebagai bantuan dari saya, akan saya berikan tips sebelum praktek yah :D.

Jenis Pedal/Perseneling Gigi
Sebelumnya pelajari dulu jenis penggunaan pedal gigi di bagian kaki kiri, cara mengopernya seperti apa. Ada yang sistem rotari jadi N-1-2-3-4-5 dan ada juga yang 1-N-2-3-4-5.

Untuk yang tipe rotary N-1-2-3-4-5 gampang saja cukup injak tuas kopling ke depan untuk naik gigi dan injak ke belakang untuk turun gigi seperti pada Old Jupiter MX.

–advertisement–

Untuk tipe 1-N-2-3-4-5 misal pada tuas gigi new vixion, untuk naik gigi ke-1 dengan cara injak tuas ke depan, dari gigi ke-1 ingin ke gigi ke-2 sampai gigi ke-5 cukup injak tuas gigi ke belakang.

tuas pedal gigi vixion

Kalau yang pakai underbound 1-N-2-3-4-5-6 misal pada R15,  artinya gigi 1 di tekan kedepan,congkel kebelakang klik sedikit(setengah) untuk masuk gigi Netral, congkel ke belakang dari gigi 1 untuk masuk  gigi 2,congkel kebelakang lagi gigi 3,congkel kebelakang lagi gigi 4…Dst sampai gigi 6.

pedal gigi r15

 

Cara mengendarai motor kopling
Kalau sudah tahu jenis tuas gigi pada motor kopling dan cara penggunaanya, mari kita lanjut ke cara menjadi joki motor kopling :D.

1. Pastikan indikator gigi pada dashboard dalam keadaan Netral, biasanya ada lampu dengan huruf “N”.
2. Tekan/Tahan tuas kopling di tangan sebelah kiri.
3. Injak pedal gigi untuk mengoper gigi ke posisi gigi 1.
4. Lepas tuas kopling di tangan sebelah kiri secara perlahan dibarengi dengan memutar handle gas untuk menjalankan motor.
5. Jika ingin mengoper ke gigi selanjutnya atau turun gigi, caranya sama saja dengan menekan/menahan terlebih dahulu tuas kopling baru menginjak atau mencongkel (sesuai jenis pedal gigi).
6. Jangan lupa jika ingin berhenti, agan harus menahan tuas kopling, agar mesin motor tidak mati.

–advertisement–

pencarian :
cara mengoper gigi motor kopling vixion, cara mengoper gigi motor cb150r, cara mengoper gigi motor kopling yang benar, cara mengendarai motor kopling cb150r, cara mengendarai motor kopling vixion, cara oper gigi vixion yang benar, cara mengendarai motor kopling cb 150 r, cara mengendarai motor kopling jupiter mx, Cara mengoper gigi motor kopling, Cara oper gigi motor vixion
Related with “

Tips Mengendarai Motor Kopling Bagi Pemula

4 Tips Memasang Alarm Sepeda Motor

Cara pemasangan alarm motor perlu kita perhatikan, karena jika kita salah bisa membahayakan motor yang kita pasang alarm, bukan keuntungan…

Tentang Lampu LED Bikin Silau, Keunggulan LED, dan Hukum penggunaan Lampu

Motor yang menggunakan LED, kalau dilihat dari sisi penampilan memang terlihat keren. Hanya saja untuk pengguna motor atau mobil yang…

Fungsi Kopling dan Ciri Kampas Kopling Harus Diganti

Salah satu komponen yang memindahkan tenaga dari pembakaran di dalam mesin adalah melalui kopling. Kopling berfungsi untuk melanjutkan putaran poros…

Motor Injeksi kehabisan Bensin, Apa Efek Sampingnya? Benarkah Motor Akan Mogok?

Seperti yang kita ketahui penggunaan sistem bahan bakar injeksi pada motor banyak memberikan keuntungan, dari segi perawatan, dan juga konsumsi…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *