free web page hit counter Cara Belajar Mengendarai Motor Kopling Bagi Pemula - RiderGalau.com
Kolom Pencarian Menu Utama

Sudah menjadi fakta, yang sekarang sudah lancar mengendarai motor kopling pasti pernah merasa kesulitan di kala belajar motor kopling daripada gigi otomatis. Kalau yang otomatis biasanya cuma tinggal injak pedal transmisi buat oper gigi. Nah kalau cara mengendarai motor kopling manual itu harus menggunakan pedal kopling di tangan bagian kiri supaya bisa oper gigi.

Buat agan yang baru belajar pake motor kayak gini gak usah parno dulu takut jumping atau susah belajarnya, gampang-gampang saja, sebagai bantuan dari saya, akan saya berikan tips sebelum praktek yah :D. Tidak akan saya jelaskan secara berlebihan, nanti bisa membuat agan jadi bingung dan ogah duluan.

Namun, dengan panduan yang tepat dan latihan yang konsisten, Anda dapat menguasainya dengan mudah. Artikel ini akan memberikan penjelasan secara sederhana dan santai tentang cara menggunakan kopling yang benar, membahas seberapa sulit naik motor kopling, menjelaskan bagaimana cara kerja motor kopling, dan memberikan tips mengerem motor kopling dengan aman.

Apakah Naik Motor Kopling Itu Susah?

Bagi pemula, awalnya mungkin terasa sedikit sulit untuk mengendarai motor kopling. Namun, dengan latihan yang tepat, Anda akan semakin terbiasa. Jangan khawatir jika awalnya terjadi sedikit kekendala. Setiap orang belajar dengan kecepatan yang berbeda, jadi tetap berlatih dan tingkatkan kepercayaan diri Anda.

Yuk pahami dulu beberapa poin dibawah ini:

Jenis Pedal/Perseneling Gigi

Sebelum mencoba mengendarai motor kopling. Lebih baik kita pelajari dulu jenis penggunaan pedal gigi kiri, cara mengopernya seperti apa. Ada yang sistem rotari jadi N-1-2-3-4-5 dan ada juga yang 1-N-2-3-4-5.

Untuk yang tipe rotary N-1-2-3-4-5 gampang saja cukup injak tuas kopling ke depan untuk naik gigi dan injak ke belakang untuk turun gigi seperti pada Old Jupiter MX.

READ  Kebiasaan Yang Menjadi Penyebab Aki Motor Soak Lebih Awal

Untuk tipe 1-N-2-3-4-5 misal pada tuas gigi new vixion, untuk naik gigi ke-1 dengan cara injak tuas ke depan, dari gigi ke-1 ingin ke gigi ke-2 sampai gigi ke-5 cukup injak tuas gigi ke belakang.

tuas pedal gigi vixion

Jika motor agan pakai underbound 1-N-2-3-4-5-6 misal pada R15. Berarti gigi 1 di tekan kedepan, congkel kebelakang klik sedikit(setengah) untuk masuk gigi Netral, congkel ke belakang dari gigi 1 untuk masuk  gigi 2,congkel kebelakang lagi gigi 3,congkel kebelakang lagi gigi 4…Dst sampai gigi 6.

pedal gigi r15

Cara Kerja Motor Kopling

Motor kopling dilengkapi dengan sistem kopling yang memungkinkan pemisahan antara mesin dan roda. Saat tuas kopling ditekan, plat kopling terhubung dengan mesin. Ketika tuas kopling dilepaskan perlahan, tenaga mesin mulai disalurkan ke roda, dan motor mulai bergerak maju.

Cara Menggunakan Kopling yang Benar

Menggunakan kopling dengan benar adalah kunci utama dalam mengendarai motor kopling. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Persiapkan Posisi Awal: Duduklah di atas motor dengan kedua kaki menyentuh tanah dan tangan menggenggam rem depan dan belakang. Pastikan motor dalam posisi netral sebelum menghidupkannya.

Memulai Motor: Tekan tuas kopling dan tahan. Kemudian tekan tuas rem belakang dengan kaki kanan dan hidupkan mesin dengan tuas gas yang perlahan.

Pindahkan ke Perseneling 1 (Gigi Rendah): Setelah mesin menyala, lepaskan perlahan tuas kopling sambil tetap menekan tuas rem belakang. Ini akan mencegah motor bergerak mendadak.

Perlahan-Lahan Lepaskan Kopling: Secara perlahan lepaskan tuas kopling sambil menambah sedikit gas dengan tuas gas tangan. Perhatikan rasa getaran dan respons mesin saat Anda melepaskan kopling. Jika mesin bergetar terlalu kuat, tekan kembali tuas kopling dan coba lagi.

Pahami Poin Engage: Ketika Anda merasakan motor bergerak maju perlahan, Anda telah mencapai “poin engage.” Inilah saatnya untuk sepenuhnya melepaskan tuas kopling dan mulai mengendarai motor.

READ  Tips Cara Memilih Ukuran Ban Yang Cocok Sesuai Dengan Lebar Velg

Cara Mengerem Motor Kopling

Mengerem motor kopling membutuhkan koordinasi antara rem depan, rem belakang, dan kopling. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Kurangi Kecepatan dengan Tuas Gas: Untuk memulai proses pengereman, kurangi kecepatan dengan mengurangi tekanan pada tuas gas.

Rem Belakang dengan Kaki: Tekan tuas rem belakang dengan kaki kanan secara perlahan. Hal ini akan membantu menjaga keseimbangan saat Anda mengurangi kecepatan.

Kopling Setengah Ditekan: Saat Anda mengurangi kecepatan, tekan tuas kopling setengah jalan untuk memisahkan mesin dari roda. Hal ini membantu mengurangi beban mesin.

Gunakan Rem Depan dengan Hati-Hati: Setelah kopling setengah ditekan, Anda dapat menggunakan tuas rem depan dengan hati-hati untuk pengereman lebih efisien.

Lepaskan Kopling Sepenuhnya saat Berhenti: Saat motor hampir berhenti, lepaskan sepenuhnya tuas kopling dan tetap tekan tuas rem belakang untuk menghentikan motor dengan mulus.

Belajar mengendarai motor kopling memang memerlukan ketekunan, tetapi dengan panduan ini, Anda akan menguasai teknik mengemudi dengan baik. Berlatihlah dengan konsisten, dan jangan lupa untuk selalu mengutamakan keselamatan saat berada di jalan raya. Semoga artikel ini bermanfaat dalam membantu Anda belajar mengendarai motor kopling dengan mudah. Selamat berlatih!

27 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *