Tips, Tips Motor by Admin

Tips Mengendarai Motor Kopling Bagi Pemula

–advertisement–

Dari sekian banyak pengendara yang sekarang sudah tahu cara mengendarai motor kpling pasti pernah merasa kesulitan membawa motor kopling ketimbang yang non kopling, yang biasanya tinggal injak pedal transmisi buat oper gigi, yang ini harus menggunakan pedal kopling di tangan bagian kiri agar bisa oper gigi.

Buat agan yang baru belajar pake motor kayak gini gak usah parno dulu takut jumping atau susah belajarnya, gampang-gampang saja, sebagai bantuan dari saya, akan saya berikan tips sebelum praktek yah :D.

Jenis Pedal/Perseneling Gigi
Sebelumnya pelajari dulu jenis penggunaan pedal gigi di bagian kaki kiri, cara mengopernya seperti apa. Ada yang sistem rotari jadi N-1-2-3-4-5 dan ada juga yang 1-N-2-3-4-5.

Untuk yang tipe rotary N-1-2-3-4-5 gampang saja cukup injak tuas kopling ke depan untuk naik gigi dan injak ke belakang untuk turun gigi seperti pada Old Jupiter MX.

–advertisement–

Untuk tipe 1-N-2-3-4-5 misal pada tuas gigi new vixion, untuk naik gigi ke-1 dengan cara injak tuas ke depan, dari gigi ke-1 ingin ke gigi ke-2 sampai gigi ke-5 cukup injak tuas gigi ke belakang.

tuas pedal gigi vixion

Kalau yang pakai underbound 1-N-2-3-4-5-6 misal pada R15,  artinya gigi 1 di tekan kedepan,congkel kebelakang klik sedikit(setengah) untuk masuk gigi Netral, congkel ke belakang dari gigi 1 untuk masuk  gigi 2,congkel kebelakang lagi gigi 3,congkel kebelakang lagi gigi 4…Dst sampai gigi 6.

pedal gigi r15

 

Cara mengendarai motor kopling
Kalau sudah tahu jenis tuas gigi pada motor kopling dan cara penggunaanya, mari kita lanjut ke cara menjadi joki motor kopling :D.

1. Pastikan indikator gigi pada dashboard dalam keadaan Netral, biasanya ada lampu dengan huruf “N”.
2. Tekan/Tahan tuas kopling di tangan sebelah kiri.
3. Injak pedal gigi untuk mengoper gigi ke posisi gigi 1.
4. Lepas tuas kopling di tangan sebelah kiri secara perlahan dibarengi dengan memutar handle gas untuk menjalankan motor.
5. Jika ingin mengoper ke gigi selanjutnya atau turun gigi, caranya sama saja dengan menekan/menahan terlebih dahulu tuas kopling baru menginjak atau mencongkel (sesuai jenis pedal gigi).
6. Jangan lupa jika ingin berhenti, agan harus menahan tuas kopling, agar mesin motor tidak mati.

–advertisement–

pencarian :
cara mengoper gigi motor kopling vixion, cara mengoper gigi motor cb150r, cara mengoper gigi motor kopling yang benar, cara mengendarai motor kopling cb150r, cara mengendarai motor kopling vixion, cara oper gigi vixion yang benar, cara mengendarai motor kopling cb 150 r, cara mengendarai motor kopling jupiter mx, Cara mengoper gigi motor kopling, Cara oper gigi motor vixion
Related with “

Tips Mengendarai Motor Kopling Bagi Pemula

Perbedaan Generator Mesin CB150R Lama dengan All New CB150R

Mungkin akan timbul berbagai macam pertanyaan setelah Honda melahirkan All new CB150R yang menjadi penyegaran dari Old CB150R, pertanyaan yang…

Mengakali Pemasangan underbone Nui Monster pada new vixion

Kebanyakan para pengguna motor new vixion yang ingin memakai underbone Nui tipe Monster mengalami kesulitan pemasangan pada bagian sisi kanan,…

Fungsi dan Waktu Yang Tepat Mengganti Oli Gardan Motor Matic

Pada motor matic agan harus lebih teliti dalam melakukan perawatan rutin, berbeda dengan motor transmisi manual di motor matic terdapat…

Manfaat Fitur Idling Stop System (ISS) atau Start Stop System (SSS), Kelemahannya ?

Saat ini ada banyak model motor yang ada di Indonesia dilengkapi dengan fitur ISS (Idling Stop System) kepunyaan Honda atau…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *