Kolom Pencarian Menu Utama

Filter udara motor berperan untuk menyaring udara bebas di luar yang akan masuk ke ruang pembakaran di dalam mesin. Oleh karenanya, penting agar kita memperhatikan kebersihan dari saringan, jangan sampai filter udara kotor.

Filter udara kotor

Setiap penggunan motor untuk kegiatan seharian, akan ada debu & partikel lain yang menempel & membuat busa serta sekat jadi kotor. Jika didiamkan, dampaknya dapat mengurangi performa mesin sampai pemakaian bahan bakar yang jadi boros.

Udara yang masuk ke ruang bakar harus bersih, oleh karenanya keadaan filter udara harus selalu terjaga, sebab udara itu kelak akan dikabutkan dgn bahan bakar minyak. Ketika part ini kotor, anda harus membersihkannya secara teratur.

— advertisement —

Lamanya umur penggunaan & minimnya perawatan akan mempengaruhi jumlah kotoran di filter udara. Pasti hal semacam itu bisa mempengaruhi kemampuan mesin, karena tidak dapat bekerja maksimal apabila udara yang masuk ke mesin berkurang akibat kotoran yang melekat pada dinding filter.

Bahaya filter udara motor kotor

Sebab ketidakpahaman inilah pemilik kendaraan condong merasa filter udara jadi bagian pelengkap & jarang dibersihkan. Meskipun seringkali dipandang tidak penting, filter udara nyatanya bisa tingkatkan & turunkan performa motor.

Boros Bahan Bakar

filter udara yang kotor lantaran sumbatan debu akan menghalangi volume udara yang diperlukan mesin, mengakibatkan pengkabutan tidak berimbang sebab semakin banyak memakai bahan bakar dibandignkan udara. Hal seperti ini yang membuat motor pada akhirnya lebih boros saat dipakai.

— advertisement —

Tarikan Mesin jadi Berat

Filter udara yang kotor resiko yang ditimbulkan itu layaknya domino, bukan hanya bahan bakar jadi boros, tarikan mesin akan terasa berat. Saluran udara yang diperlukan menyusut sebagai campuran bahan bakar.

Selain tarikan berat, ketika RPM tinggi lari motor seperti terganggu karena udara tidak maksimal.

Menimbulkan Kerak di dalam Mesin

Jika mesin dihidupkan, jadi vacum akan mengisap udara atau oksigen masuk ke ruangan bakar. Jika udara yang masuk ke ruangan bakar mengandung banyak kotoran, maka bisa menimbulkan kerak yang melekat pada kepala piston, manifold, klep & di seputar ruangan pembakaran yang lain.

Efek samping mencopot filter udara

Apalagi jangan sampai biarkan motor anda tidak memliki filter udara, hanya karena merasa jumlah angin yang masuk bisa lebih leluasa, hal ini bisa menyebabkan kotoran langsung bisa masuk ke ruangan bakar bahkan juga dapat sampai ke mesin sebab tidak disaring,

— advertisement —

Cara membersihkan filter udara yang benar

Bersihkannya cukup memakai air atau air sabun. Jika masih membandel, dapat gunakan sikat gigi atau kompresor angin. Jangan gunakan bensin, minyak tanah atau solar. Jika gunakan bensin karetnya mungkin saja keras, jika minyak tanah bisa mengakibatkan filter udara mekar alias mengembang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *