Tips perawatan Oli Gir Skutik perlu diperhatikan

Para rider motor skutik sebagaian besar kurang memperhatikan beberapa bagian dari motornya ini, padahal jika kurang dirawat bisa fatal kerusakannya. Maka dari itu saya akan berikan sebuah tips untuk merawat gir, pelumas gir atau yang kerap dimaksud oli gardan umumnya kurang di perhatikan. Atau, tidak sering yang miliki skutik yg tahu. Walau sebenarnya, perannya sangatlah vital, terlebih memperhalus kemampuan gir transmisi serta gardan saat menggerakkan roda belakang.
Tips perawatan Oli Gir Skutik perlu diperhatikan
Pasti anda mengira karena motor matic tidak perlu mengover gigi, ternyata pada motor seperti ini tetap saja ada gearboxnya. Seperti model sepeda motor lain, jenis matik juga mempunyai girboks walau tidak serumit sepeda motor dengan transmisi manual. Lalu dimana letak komponen tersebut?  Letaknya dibagian belakang, bersebelahan dengan as roda serta sejajar dengan puli. Pasti, sisi ini perlu perawatan gir skutik lewat cara ganti oli dengan cara teratur.

……………”Usia pemakaian oli gardan rata-rata 8.000 km. Lewat atau hampir mencapai angka itu, sebaiknya ganti. Jika tidak, suara kasar akan muncul di bagian belakang sepeda motor. Lama-lama gir gardan aus,” ujar Muhammad Robiansyah, Mekanik AHASS Bintang Motor, Jakarta Timur……………..

Ditambahkan Robi, bila betul-betul rusak, untuk mencari pengganti lebih rumit bila dibanding dengan komponen lain. ”Pasti inden serta mahal. Satu set dapat lebih Rp 1 juta. Lantaran barangnya tidak di buat dengan cara lokal, ” tambah Robi.

Waspada air
Ada hal-hal lain yang pantas diwaspadai pada gardan. Beberapa orang tidak mengerti, sehabis menerjang banjir, kemungkinan air masuk ke sisi gardan sangatlah besar. Terlebih untuk yang udah pernah buka ban belakang yg macet serta mesti buka sisi gir.

Bila hal semacam ini berlangsung, oli gardan dapat beralih warna jadi seperti kopi susu, sama dengan pelumas mesin yang pernah terendam banjir. Anjuran Robi, sesudah menerjang banjir, baiknya teliti oli gardan ke bengkel.

……………….”Kalau pun harus ganti, biayanya tidak mahal. Harga oli gardan rata-rata Rp 12.000 – 15.000. Tidak banyak butuhnya, cukup 120 ml,” jelas Robi. Untuk jasa kisaran Rp 40.000-an. Harga tersebut termasuk membersihkan atau mengganti v-belt…………..