Kolom Pencarian Menu Utama

Meninggalkan motor dalam waktu lama pastinya akan terbengkalai begitu saja di rumah, apalagi kalau ditinggal pulang kampung yang biasanya memakan waktu lebih dari 5 hari. Tetapi memang bukan hanya ketika mudik saja agan biasa meninggalkan motor kesayangan di rumah, bisa juga pergi jauh karena urusan pekerjaan untuk waktu yang cukup lama.

Motor terbengkalai

Ketika meninggalkan motor begitu saja, bukan hanya sisi kemanannya saja yang perlu diperhatikan agar aman dari maling. Tetapi dari segi keawetan mesin, keadaan bodi, dan rangka juga perlu diperhatikan. Pertanyaannya, bagaimanakah caranya agar motor tidak rusak ketika ditinggalkan atau saat motor jarang kita gunakan ?

Kebersihan Motor

Jangan sampai meninggalkan motor dalam keadaan yang kotor, karena bisa menimbulkan korosi atau karat. Pastikan motor ada dalam keadaan kering dan bersih sebelum berpergian.

— advertisement —

Tangki Bensin Full atau benar-benar kosong

Bensin pada tangki motor akan menguap dan menimbulkan korosi apabila mesin jarang dihidupkan, dampaknya akan timbul karat di dalam tangki, jadi sebisa mungkin isi penuh tangki bensin atau benar-benar kuras sampai kering.

Baca Juga :

Cabut Aki Motor

Jika motor jarang dihidupkan dalam waktu yang lama, pengisian listrik ke aki tidak terjadi. Jika tidak dicabut dari tempatnya, yang ada aki bakalan terus mengalirkan listriknya sampai aki soak.

— advertisement —

Tempat Motor

Pilih tempat yang baik untuk menyimpan motor, simpan di tempat yang teduh agar tidak terkena sorot matahari dan terkena hujan yang bisa menimbulkan kerusakan pada cat motor.

Standar tengah

Agar ban motor tidak mudah kempis, gunakan standar tengah dan juga ganjal ban depan dengan kayu tipis atau kardus.

Ganti Oli

Walaupun tidak dihidupkan dalam waktu yang lama, jeroan mesin agan tetap saja perlu perlindungan, selain itu hal ini bertujuan agar motor lebih mudah dihidupkan kembali saat akan digunakan.

Gunakan Kick Starter

Untuk tambahan saja, gunakanlah kick starter(jika ada) ketika pertama kali menyalakan mesin. Setelah meninggalkan motor dalam waktu lama biasanya oli akan mengendap, olehkarena itu lebih baik anda gunakan kick starter.

— advertisement —

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *