Razia Kendaraan, Tips by Admin

8 Model Plat Nomor Kendaraan Yang Dianggap Melanggar Aturan dan Kena Razia Polisi

–advertisement–

Apakah agan akhir-akhir ini sering melihat Polisi melakukan razia kendaraan di beberapa daerah?. Tentunya akan ada kendaraan, bahkan bisa saja semua kendaraan yang melewati kumpulan Polisi ini akan diberhentikan.

Modifan Plat Nomor Kendaraan Yang Melanggar Aturan

Setelah itu agan akan diperiksa mulai dari kelengkapan dokumen kendaraan seperti SIM dan STNK. Sampai dengan kendaraan motor agan, apakah sudah sesuai dengan aturan yang berlaku atau tidak.

Untuk beberapa orang aktifitas seperti ini ada yang tidak menyukainya, selalu ada yang emosi, menggerutu, marah-marah, bahkan sampai ada yang berbuat kasar pada Polisi karena merasa tidak bersalah. Jika Razia polisi ini memang benar-benar dilakukan karena perintah atasan, tentu saja kegiatan ini ada manfaatnya.

–advertisement–

Kecuali ada Polisi yang melakukan Razia tidak sesuai dengan aturan, nah kalau yang kayak gini patut anda curigai. Agan bisa tanya saja surat izin razia kepada oknum-oknum tersebut, bisa saja mereka mengada-ngada dan mencari-cari kesalahan anda kemudian dimintai sejumlah uang.

Setelah saya membahas berbagai artikel mulai dari aturan suara knalpot, untuk sekarang ini saya akan membahas daftar model plat nomor atau modifikasinya yang menyalahi aturan yang berlaku.

Semuanya ini tertera dalam Undang-Undang No.22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Pasal 68 menyebutkan bahwa kendaraan bermotor wajib menggunakan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) yang memenuhi syarat bentuk, ukuran, bahan, warna dan cara pemasangan.

Jika melanggar UU tersebut agan dapat dikenai Pasal 280 dengan denda paling besar Rp 500.000 ribu atau agan bisa dijatuhi hukuman kurungan selama dua bulan.

Model plat nomor apa sajakah itu? yuk kita simak saja daftar yang dijelaskan langsung oleh Kepala Subdit Pembinaan dan Penegakan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro jaya Komisaris Besar Polisi (AKBP) Budiyanto di bawah ini :

  1. TNKB dengan huruf yang diatur, angka diubah supaya terbaca /angka diarahkan ke belakang sehingga terbaca nama.
  2. TNKB dengan hurufnya diubah seperti huruf digital.
  3. TNKB dengan tempelan stiker/logo/lambang kesatuan/instansi yang terbuat dari plastik/logam/kuningan pada kendaraan pribadi, seolah-olah pejabat.
  4. TNKB dengan penggunaan huruf miring dan huruf timbul.
  5. TNKB yang punya ukuran (terlalu besar/terlalu kecil) diluar ukuran standar.
  6. TNKB yang punya warna/doff dan ditutup mika sehingga warna berubah.
  7. TNKB yang huruf angkanya sebagian ditebalkan dan sebagian dihapus dengan cat piloks sehingga nomor asli tersamar warna catnya, sulit untuk dibaca.
  8. TNKB yang menggunakan huruf/angka negara Thailan (luar negeri)

Jadi jangan salahkan Polisi kalau anda ditilang karena menggunakan model plat nomor yang sama dengan list diatas tersebut. Segera ubah plat nomor kendaraan ke bentuk yang seusai dengan aturan.

–advertisement–

pencarian :
warna cat mobil yang sering di rajia polisi
Related with “

8 Model Plat Nomor Kendaraan Yang Dianggap Melanggar Aturan dan Kena Razia Polisi

Fungsi Roller CVT dan Ciri Roller Motor Matik Rusak

Semua motor matik itu kerap sekali mengalami keruskan pada bagian CVT, diantaranya adalah Roller CVT. Komponen berbentuk bulat ini mempunyai…

FDR Sediakan Ban Jenis Baru untuk Motor Matic

Mendekati perubahan th., PT Suryaraya Rubberindo Industries sebagai produsen ban FDR meluncurkan ban racing motor matic jenis Sport MP76 dengan…

Ini Baru Seru Gan, Obrolan Soal Razia Knalpot Bising “Moge gimana?”

Masalah knalpot bising selalu kena razia itu menjadi hal biasa dan menjadi hal yang kontroversial, ada yang mendukung ada juga…

Tips Cara Memilih Ukuran Ban Yang Cocok Sesuai Dengan Lebar Velg

Buat yang suka oprak oprek ukuran ban dan velg perlu mengetahui ukuran-ukuran ban yang tepat sesuai dengan lebar velg. Enak…