Kolom Pencarian Menu Utama

Efek samping pakai alarm motor – Seperti yang kita tahu sepeda motor menjadi salah satu jenis kendaraan pribadi yang sekarang hampir dimiliki oleh setiap orang di Indonesia. Adanya kendaraan yang roda dua ini sangat memudahkan apalagi jika digunakan untuk di jalanan perkotaan. Banyaknya kelebihan yang ditawarkan membuat sebagian besar orang tertarik untuk menggunakannya. Lalu, apakah Anda juga tertarik untuk memilikinya?

Efek-Samping-Pakai-Alarm-Motor1

Namun tahukah Anda banyaknya kasus pencurian sepeda motor yang terjadi sekarang ini. Problem seperti ini membuat masyarakat harus lebih waspada terhadap kendaraannya. Tidak heran beberapa orang bahkan memasang alarm pada sepeda motornya agar lebih aman jika digunakan kapan saja. Akan tetapi, bagaimana sebenarnya efek samping penggunaan alarm pada kendaraan. Untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut ini. Sialahkan juga baca artikel 4 Tips Memasang Alarm Sepeda Motor.

Apa itu Alarm Sepeda Motor

Bagi yang memahami perkembangan dunia otomotif tentu sudah tidak asing dengan fitur sepeda motor yang satu ini. Alarm sendiri merupakan sebuah komponen yang ditambahkan pada sepeda motor untuk menjaga keamanannya. Sesuai dengan namanya, komponen alarm ini nantinya akan disematkan pada sepeda motor untuk menghasilkan peringatan ketika sepeda motor dinyalakan.

— advertisement —

Bentuk peringatan yang diberikan bisa berupa bunyi klakson berkali-kali yang biasanya juga ditambah dengan kedipan lampu. Nah, jika dilihat dari jenisnya ada banyak sekali pilihan yang bisa Anda jumpai di pasaran. Anda pun bisa memilih sesuai dengan kebutuhan kendaraan Anda. Untuk fungsi utama alarm ini sendiri yaitu menghindari motor dari niat jahat misalnya pencurian.

Perlukah Alarm di Pasang, apa keuntungannya ?

Sebagian orang mungkin bertanya-tanya, apakah perlu sepeda motor dipasangi alarm? Jika dilihat dari perkembangan teknologi keamanan yang tersedia sekarang ini, tidak banyak pilihan yang menawarkan sistem keamanan pada sepeda motor. Sehingga hal tersebut membuat risiko pencurian menjadi lebih tinggi hingga akhirnya banyak orang yang tertarik memasang alarm pada sepeda motornya.

Namun perlu diingat sebelum memasang perangkat alarm pada sepeda motor pastikan untuk mengetahui efek samping yang ditimbulkan. Jika memang menurut Anda tidak menjadi masalah, maka Anda bisa memasangnya. Namun jika banyak efek samping yang ditimbulkan, maka sebaiknya untuk memikirkan keputusan tersebut secara lebih matang lagi.

— advertisement —

Inilah Efek Samping Pakai Alarm Motor

Memperbesar Kebutuhan Daya Listrik
Perlu diketahui, memasang komponen yang memang tidak semestinya pada sepeda motor tentu dapat menimbulkan efek samping secara teknis. Mengapa demikian? Hal tersebut karena dapat mengganggu kinerja mesin dan juga kestabilan perangkat lainnya. Tahukah Anda bahwa salah satu efek samping yang dapat ditimbulkan pada penggunaan alarm sepeda motor yaitu memperbesar kebutuhan daya listrik.

Seperti yang diketahui, alarm motor merupakan sebuah komponen yang membutuhkan daya listrik untuk bisa bekerja dengan baik dan maksimal. Karena kebutuhan kelistrikan tersebutlah membuat beban daya yang diterima oleh sepeda motor jauh lebih besar dibanding biasanya. Hal tersebut juga dapat membuat supply aki menjadi lebih besar sehingga membuatnya cepat tekor.

Risiko Konsleting Meningkat
Efek samping selanjutnya yang juga ditimbulkan oleh pemakaian alarm pada sepeda motor yaitu dapat meningkatkan risiko konsleting. Hal tersebut bisa terjadi karena adanya penambahan komponen atau spare part yang masih asing atau bukan standar dari sepeda motor yang Anda miliki. Risiko konsleting juga akan semakin meningkat ketika pemasangan alarm tidak dilakukan dengan baik dan benar.

Menimbulkan Kerusakan pada Motor
Selain kedua efek samping yang sudah disebutkan di atas, menambahkan fitur alarm pada sepeda motor juga dapat menimbulkan kerusakan pada mesinnya. Risiko yang paling rentan terjadi yaitu terganggunya sistem kelistrikan pada sepeda motor. Sehingga hal tersebut dapat merusak mesin sepeda motor Anda secara pelan-pelan.

— advertisement —

Kondisi tersebut akan semakin parah ketika alarm di pasang pada jenis motor injeksi. Seperti  yang diketahui motor injeksi merupakan salah satu jenis sepeda motor yang bergantung pada sistem kelistrikan. Jika terjadi masalah pada sistem kelistrikan nya, maka performa yang yang dihasilkan tidak akan berjalan secara maksimal.

Butuh Pengecekan Perawatan yang Benar
Salah satu efek samping yang juga dapat ditimbulkan oleh perangkat alarm yang dipasang pada sepeda motor yaitu dibutuhkan pengecekan perawatan kendaraan secara lebih detail. Anda pun juga perlu melakukan pengecekan secara rutin untuk mengantisipasi kerusakan yang dapat mengganggu kenyamanan dan keamanan Anda saat berkendara.

Oleh karena itu, ketika Anda memutuskan untuk menambahkan perangkat baru pada kendaraan, maka tanggung jawab untuk merawatnya juga semakin besar. Hal tersebut perlu dilakukan untuk menjaga keselamatan Anda menggunakannya.

Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk memasang perangkat alarm pada sepeda motor kesayangan? Setelah melihat beberapa efek samping yang ditimbulkan, disarankan untuk berfikir dua kali agar nantinya Anda tidak menyesal di kemudian hari.

Demikian sedikit ulasan singkat tentang bagaimana efek samping yang ditimbulkan dari pemasangan alarm pada sepeda motor. Semoga informasi di atas bermanfaat dan memberikan sedikit gambaran sehingga tidak salah dalam pengambilan keputusan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *