Kolom Pencarian Menu Utama

Indonesia merupakan salah satu negara dengan penggunaan sepeda motor tertinggi di dunia. Hal ini dikarenakan kepraktisan dan kemudahan dari penggunaan motor itu sendiri dalam memfasilitasi kegiatan sehari-hari. Dengan meningkatnya daya beli, kini penggunaan motor bahkan semakin meluas dan melayani berbagai macam kepentingan.

filter udara dicopot

Kini motor tidak hanya digunakan sebagai sarana transportasi saja namun juga merupakan bagian dari gaya hidup. Berbagai macam kalangan kini berlomba-lomba untuk membeli motor dengan harga dan spesifikasi tinggi. Tidak hanya itu saja pemilik motor juga akan memodifikasi kendaraanya sedemikian rupa agar sesuai dengan gaya yang diinginkan. Mungkin juga ada dari agan semua yang memilih memodifikasi motor agan.

Modifikasi pada kendaraan roda dua secara umum berhubungan dengan dua hal yaitu memodifikasi tampilan luar dan memodifikasi mesin motor itu sendiri. Modifikasi tampilan luar pada bagian  exterior dan body motor adalah mempunyai tujuan untuk membuat tampilan motor yg lebih bagus sesuai dengan keinginan.

— advertisement —

Sedangkan modifikasi bagian mesin mempunyai tujuan untuk memanipulasi performa dari motor tersebut. Pada modifikasi mesin seringkali pemilik motor memilih untuk melepas filter dari motor dengan tujuan memaksimalkan performa motor namun filter motor dilepas dapat memberikan beberapa efek samping pada motor. 

FIlter motor dilepas menjadi salah satu yang sering dipertimbangkan oleh pemilik motor dalam memodifikasi motornya. Namun agan harus berhati-hati karena efek samping berikut ini dapat dialami oleh motor.

Kotoran masuk ke mesin

Agan pasti telah mengetahui bahwa filter berfungsi sebagai penyaring udara yang masuk ke mesin. Mengingat fungsi tersebut maka apabila filter dilepas maka berbagai macam debu dan partikel akan ikut masuk ke dalam mesin. Hal ini akan mempengaruhi keadaan lubang hisap karburator, piston, intake dan masalah mesin lain.

— advertisement —

Motor lebih boros

Filter motor dilepas juga akan menyebabkan motor menjadi lebih boros terhadap bahan bakar.  Borosnya bahan bakar ini disebabkan karena pantulan bahan bakar yang akan langsung terbuang ketika terkena udara. Boros nya bahan bakar juga merupakan salah satu efek samping general dalam proses modifikasi mesin kendaraan.

Keringnya ruang pembakaran

Pelepasan filter pada motor akan menyebabkan pasokan udara yang memasuki mesin menjadi lebih besar dan leluasa. Jumlah besar udara yang masuk ini akan mengakibatkan kondisi ruang pembakaran menjadi kering. Apabila ruang pembakaran kering, maka kendaraan akan mengeluarkan bunyi pada mesin motor. Bunyi ini terkadang justru malah dicari oleh para pemodifikasi motor. 

Sparepart cepat aus

Apabila dilepas dalam jangka panjang, filter motor dilepas akan menyebabkan beberapa sparepart mesin mengalami keausan.hal ini disebabkan penumpukan debu dan partikel kotoran lain sehingga menimbulkan gesekan antara mesin.

Dropnya putaran atas

Proses pembakaran yang berlebihan pada motor ya dilepas filternya juga memungkinkan adanya drop ketika motor berada pada putaran atas. Drip ini akan membuat motor menjadi kurang bertenaga dan kurang optimalnya performa.

— advertisement —

Performa motor terpengaruh

Dilepasnya filter akan mempercepat proses pembakaran di mesin yang juga akan meningkatkan performa dari motor tersebut. Meskipun motor filternya dilepas akan memiliki performa lebih baik jika dibandingkan dengan performa sebelumnya,namun beberapa efek negatif akan terasa pada masalah teknis di kemudian hari.

Seperti yang telah dijelaskan diatas adalah beberapa efek samping yang akan terjadi jika agan memilih filter motor dilepas. Ada hal yang harus diperhatikan agar terhindar dari efek sampi tersebut jika agan memang ingin melepas filter motor yang agan punya. Perhatikan kondisi mesin motor agan serta kesesuaiannya dengan tujuan dari modifikasi atau penggunaan motor tersebut. 

Agan juga harus jeli dan memperhatikan benar mengenai hal yang mungkin terjadi pada motor apabila dilakukan modifikasi mesin dalam bentuk apapun. Ini penting untuk menghindari adanya kendala atau permasalahan teknis yang mungkin muncul dan bahkan dapat membahayakan. 

Filter motor dilepas mungkin dapat meningkatkan performa dari kendaraan bermotor, namun dapat juga berdampak negatif pada mesin motor agan. Pertimbangkan dengan matang sebelum melakukan modifikasi, serta selalu teliti dan cek kondisi motor agar dapat digunakan dengan aman dan nyaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *