Kolom Pencarian Menu Utama

Ciri Aki Mobil Tidak Mengisi – Mobil merupakan salah satu transportasi pribadi bisa juga umum yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia saat ini. Alasan beragam dari jumlah penumpangnya yang lebih banyak dibandingkan kendaraan motor dan kelebihan lainnya yakni terbebas dari hujan dan panasnya udara.

Ciri Aki Mobil Tidak Mengisi

Sama seperti kendaraan lainnya yang kerapkali rusak ataupun ada kendala, mobil pun sama kerusakan yang bisa diakibatkan dari akinya ataupun mesin-mesin mobil lainnya. Nah berikut ini akan dijelaskan mengenai ciri aki mobil tidak mengisi.

Suara stater ada akan tetapi mesin tidak jalan

Ciri umum yang harus anda waspadai adalah jika mobil anda distarter akan tetapi mesinnya tak jalan. Hal ini merupakan salah satu indikasi bahwa ada masalah di mobil anda. Entah di akinya atau entah di mesin mobil yang lainnya. 

— advertisement —

Pada kendaraan mobil, aki sangatlah berperan penting terutama untuk mendukung dalam starter mobil. Tidak seperti pada sepeda motor yang masih ada cara lain selain di starter. Yakni dengan cara di engkol. Jadi apabila aki mobil sudah bermasalah, maka tentu saja ini akan menyusahkan anda. Bahkan mobil tidak akan bisa berfungsi seperti sedia kala.

Aki mobil ini memiliki fungsi untuk menyimpan arus listrik yang akan digunakan pada saat menghidupkan mesin mobil. Nah arus listrik yang tersimpan dalam aki mobil inilah yang akan membuat starter mobil serta komponen-komponen kelistrikan mesin lainnya aktif dan menyala sehingga mesin dapat dihidupkan.

Jadi kemungkinan besar, apabila anda saat menstarter mobil tapi mesin tidak jalan aki mobil anda tidak mengisi. Tapi selain itu, ada kemungkinan-kemungkinan lainnya, seperti kabel dan sambungan antara dinamo ampere dan aki bermasalah, bisa juga dinamo amperenya yang rusak. Jadi banyak hal sebenarnya yang menyebabkan mesin mobil tidak jalan. Jadi untuk memastikannya perlu untuk melihat mesin mobil nya.

— advertisement —

Klakson dan lampu yang tidak berfungsi

Ciri aki mobil tidak mengisi yang kedua ialah lampu dan klakson mobil yang tidak menyala. Jadi seperti yang telah dijelaskan di atas mengenai fungsi aki ini yakni menyimpan listrik yang akan digunakan untuk menstarter mobil dan kegiatan mesin lainnya. Salah satu kegiatan mesin lainnya yang disuplai kelistrikannya oleh aki ialah lampu hingga ke klakson.

Jadi apabila suatu hari mobil anda ini tidak mau di start sama sekali serta lampu dan klakson nya tidak dapat berfungsi dengan normal maka bisa dikatakan listrik tidak mengalir ke semua perangkat itu tadi. Apabila sudah terjadi hal seperti ini anda lebih baik sederhana bengkel otomotif terdekat.

Jika memang Anda bisa dan ahli dalam mesin mobil segeralah cek mesin mobil anda apakah ada yang rusak atau ada yang tidak beres. Biasanya indikasi lain jika terjadi hal seperti ini, selain kemungkinan adanya ketidakberesan diakinya, bisa juga terjadi di dinamo ampere nya. 

Jika sudah seperti ini ada beberapa hal yang bisa dilakukan di antaranya yaitu menambah volt aki tersebut agar bisa mensuplay kelistrikan mesin-mesin mobil lainnya. 

— advertisement —

Aki biasanya memiliki ukuran 12,6 volt lebih. Ketika mesin ini dijalankan muatan ini harus berada direntang 13,7 hingga 14,7 volt. Jika sudah di bawah itu maka aki mobil tidak bisa menghidupkan dan menjalankan mesin mobil. Akan tetapi penambahan volt listrik dengan cara setrum ini tidaklah berlangsung atau berefek lama.

Apalagi jika mesin akinya sudah lemah, jadi yang terjadi ketika aki ditambah kelistrikannya ini, penyimpanan listrik tidak akan sesempurna ketika elemen aki nya masih sangatlah bagus. Jadi disarankan apabila memang elemen aki anda sudah benar-benar tidak sebagus itu, lebih baik anda membeli aki yang baru.

Terlihat dari akinya yang mengembung

Ciri yang ketiga apabila kita tidak mengisi adalah akik akan mengembang seperti baterai ponsel. Hal seperti ini bisa terjadi karena adanya kerusakan di dalam elemen pengisian daya di aki tersebut, akibatnya aliran listrik dari alternator akan tertahan dan berlebihan.

Efeknya tentu akan membuat panas dan akibatnya aki ini akan mengembung. Jika sudah seperti itu hal yang bisa dilakukan adalah mengganti aki menjadi baru.

Air aki mengeruh

Bagi anda yang masih menggunakan aki basah, coba buka tutup aki atau cukup dengan menyoroti bodi aki lalu lihat isi air aki tersebut. Jika airnya terlihat keruh maka proses pengisian tidak berjalan dengan baik. Solusinya gantilah aki.

Nah itu adalah beberapa ciri aki mobil tidak mengisi. Jika mobil anda mengalami ciri-ciri yang diatas segera periksakan mobil anda. Karena jika dibiarkan terus-menerus hal ini juga akan mempengaruhi kualitas mesin mobil anda. Anda tak inginkan mobil anda mengalami kerusakan?. Jadi jaga dan rawatlah mobil anda dengan sebaik-baiknya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *