Kolom Pencarian Menu Utama

Karena kelebihan nitorgen, kini sudah tidak aneh lagi karena saking populernya. Tidak seperti dahulu sulit untuk menemukan tempat pengisian ban angin nitrogen. Untuk saat ini sebagian besar pom bensin biasanya ada yang menyediakan jasa tambal ban tubeless sekalian alat untuk isi angin nitorgen.

Sebelum semarak ini, penggunaan nitrogen pada ban biasanya di implementasikan pada ban pesawat, mobil/motor balap, kendaraan tentara. penggunaan ban yang di isi jenis angin ini terasa lebih ringan, hal ini dikarenakan udara yang dihasilkan lebih murni tidak mengandung air.

Banyak keunggulan yang bisa kita rasakan dengan memakai N2 ini jika dibandingkan dengan angin biasa. Gas nitrogen sebagai pengisi ban Dikarenakan partikel gas Nitrogen (N2) lebih besar dibandingkan Oksigen (O2) maka N2 dapat mencegah terjadinya kebocoran (rembesan) yang menyebabkan berkurangnya tekanan gas (angin) pada ban.

— advertisement —

Banyak yang bilang ban mereka lebih empuk dibandingkan angin biasa jika menggunakan N2. Untuk meluruskan persepsi anda mari kita bahas mengenai keuntungan dari penggunaan ban memakai nitorgen.

1. Lebih ringan
seperti yang saya sebutkan tadi kalau penggunaan Nitrogen membuat ban jadi lebih ringan. Hal ini dikarenakan tidak seperti angin biasa yang punya kadnungan air. Ketika ban jadi lebih berat bisa menimbulkan ban jadi lebih cepat aus dan pecah-pecah.

Dampak kurangnya tekanan angin pada ban

2. Daya Cengkram Bertambah
Dengan pertambahan kemampuan daya cengkram ban yang lebih stabil dan tapak ban pun menempel lebih sempurna di permukaan jalan. Sehingga dengan hal alasan ini ban dengan angin nitrogen lebih irit bahan bakar hingga 3,3 persen.

— advertisement —
Nitrogen lebih stabil dan lebuh padat

3. Tidak mudah kempes
Dengan partikel yang lebih besar,  menjadikan tekanan ban angin tidak mudah kempes, dikarenakan partikel molekul nitrogen lebih besar dari molekul oksigen. Sehingga dengan begitu lebih sulit untuk keluar dari pori-pori ban.

4.  Lebih ekonomis
Kenapa lebih irit biaya, padahal harga isi angin ban nitrogen itu antara Rp.5000 sampai Rp.10.000? dengan menggunakan nitrogen bisa mengurangi biasa pengisian angin ban, karena tidak mudah kempes, selain itu penggunaan ban pun lebih awet (tekanan tepat, habisnya ban akan merata). Selain itu juga lebih irit bensin karena putaran ban jadi lebih ringan.

5. Minim resiko ban meledak
Sifat nitrogen adalah non-corrosive dan mampu mengurangi oksidasi dan karat karena N2 nihil oksigen dan unsur lembab. Selain itu suhu udara dalam ban akan lebih stabil, tidak naik turun. Sehingga ban juga terhindar dari risiko ban meledak karena kepanasan.

6. Anti karat
Nitrogen adalah gas kering yang akan mencegah terjadi karat atau korosi pada pelk. Selain itu kompon karet yang diisi N2 juga akan lebih awet “long life” akibat nihilnya unsur air yang memicu kelembahan pada ban. Padahal dalamn jangka waktu lama…..lembab sisi dalam dan panas sisi luar bisa membuat material karet ban crack secara mikro yang berdampak pada kurangnya durability….

— advertisement —

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *