Kolom Pencarian Menu Utama

Zaman sekarang ini orang-orang mempunyai kendaraan bermotor tidak hanya satu buah saja, ya walaupun memang tidak semua orang sih. Tapi pasti ada yang punya kendaraan yang dibeli sekedar buat koleksi saja, ada juga yang memang untuk harian.

Aki soak motor panas

Karena lebih dari satu biasanya kita memilih satu untuk harian dan sisanya jarang dipakai. Jarang menggunakan motor tidak akan membuat motor makin awet, apalagi dari sisi mesin dan kelistrikannya, yang ada aki motor jadi tekor, rusak, atau soak.

Pada kesempatan kali ini saya akan buat penjelasannya dengan bentuk menjawab pertanyan-pertanyaan yang biasa orang-orang permasalahkan. Yuk kita simak saja poin-poin penting dibawah ini :

— advertisement —

Kenapa motor jarang dipakai bisa bikin aki soak?

Aki adalah salah satu komponen yang berguna untuk menampung listrik dan menyuplai kebutuhan listrik sebuah motor. Walaupun sering dipakai daya listriknya, teknologi yang ada pada motor memungkinkan untuk melakukan pengisian ulang listrik pada aki atau accu.

Mesin motor yang jarang dipakai, siklus pengisian ulang listrik ke aki tidak berjalan semestinya. Apalagi kalau motor tidak pernah dihidupkan sama sekali. Kalau motor sering digunakan aki akan terisi arus listrik dari spul melalui kiprok.

Untuk menghidupkan motor dibutuhkan arus yang besar untuk menggerakan dinamo starter, proses ini pula yang membuat voltase aki berkurang. Tentunya voltase yang mengecil ini membutuhkan sebuah proses pengisian ulang.

— advertisement —

Sekalipun tidak kita starter-starter, ketika motor tidak digunakan pun tetap menyedot arus yang ada di dalam aki. Jadi lebih baik agan copot saja kabel yang menempel di terminal aki

Apakah memanaskan motor yang jarang dipakai bisa mencegah aki soak?

Membiarkan mesin motor menyala dalam keadaan langsam saja (statis) memang bisa menghasilkan pasokan listrik. Hanya saja tidak cukup untuk mengganti voltase yang digunakan untuk starter.

Memanaskan motor dalam kondisi diam di tempat tidak cukup maksimal untuk mendorong pengisian arus listrik ke aki. Penyebabnya adalah tekanan rpm yang kurang tinggi.

Untuk siklus pengisian membutuhkan rpm yang cukup tinggi, sekitar 2.000 rpm. Bisa saja dengan menekan pedal gas di dalam garasi, tapi hal ini dianggap berbahaya karena bisa menimbulkan polusi.

— advertisement —

Cara menjaga aki motor tidak soak, agan hanya perlu menjalankannya secara rutin, kalaupun cuma seminggu dua kali dan keliling komplek perumahan saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *