Kolom Pencarian Menu Utama

Tidak sedikit pemilik motor tidak mengetahui benar detil dari sepeda motor yang ia gunakan sendiri. Tidak hanya ban dengan lapisan dalam (tube type), sobat sekalian juga mengetahui ban tanpa ada lapisan dalam atau biasa dikenal sebagai tubeless type. Penting untuk kita mengetahui komponen-komponen penting, sama halnya dengan tahu jenis ban motor ini.

Kita bisa merawat dengan baik motor kita dengan mengetahui berbagai aspek penting. Mulai dari ukuran velg, jenis rem biasa atau rem abs, ukuran ban, dan juga kelebihan dan kekurangan ban tubeless. Masih banyak lagi aspek penting lainnya.

Ban merupakan komponen penting dari sepeda motor, sebab menjadi satu-satunya sektor yang bersentuhan langsung dengan permukaan jalan. Tragisnya, banyak pemilik yang gak tau type ban apa yang mereka gunakan, ditambah lagi bila di tanya berapa ukurannya.

— advertisement —

Ketika anda mengalami masalah seperti ban bocor, anda tidak bisa sembarangan memilih tukang tambal ban. Karena cara menambal ban tubeless berbeda dengan ban biasa. Maka dari itu penting sekali untuk agan bisa tahu cara membedakan ban tubeless dengan ban biasa.

Pentil Ban

Pentil ban biasa vs ban tubeless

Pentil ban adalah komponen yang berfungsi untuk keluar masuknya udara pada ban. Perbedaan antara keduanya hanya pada letak pentil. Pada ban tubless letak pentil berada pada pelek Sementara itu pada ban bukan tubless letak pentil berada pada ban dalam.

— advertisement —

Tulisan Ban

Tulisan Ban Tubeless

Anda bisa membedakan jenis ban motor dengan cara melihat tulisan pada sisi kanan atau kiri ban. Biasanya terdapat tulisan jenis “Tubetype” (ban biasa) atau “Tubeless”.

Profil Ban

Ban Tubetype

Ketiga anda juga bisa melihat perbedaanya dari bentuk profil ban. Untuk ban biasa yang menggunakan ban dalam terlihat berbentuk kotak, tidak heran jenis ban ini cukup sulit untuk diajak bermanuver dalam kecepatan tinggi.

— advertisement —

Sedangkan ban tubeless yang tidak menggunakan ban dalam terlihat lebih mendonut. Sehingga lebih responsif untuk diajak bermanuver di belokan.

Anti Bocor dan tidak anti Bocor?

kena paku

Sekedar tambahan saja, ban tubeless ini dikenal sebagai ban anti bocor. Padahal hal itu salah, yang sebenarnya adalah lebih tahan bocor. Misalkan ban tubeless motor anda ada paku yang menancap, bisa saja tidak langsung kempes, tetapi sedikit-sedikit nantinya juga bakalan kempes.

Kalau ban biasa atau tubetype kena paku kecil saja bisa langsung kempes, sehingga anda tidak sempat untuk mencari tempat tambal ban.

Seperti itulah trik dan tips untuk mengetahui jenis ban yang anda gunakan, tubeless atau tubetype dengan ban dalam. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *