Kolom Pencarian Menu Utama

Fungsi aki (Accu) pada motor zaman sekarang sangat penting sekali kehadirannya. jika aki rusak apalagi mati total, bisa membuat motor mati dan tidak bisa dihidupkan kembali. Hal yang seperti ini bisa merugikan agan dari segi waktu, apalagi kalau lagi sibuk-sibuknya.

Listrik pada aki digunakan untuk menggerakan dinamo starter untuk menghidupkan mesin. Pada proses ini aki mengeluarkan listrik yang cukup banyak. Disaat mesin hidup, pada waktu inilah terjadi pengisian ulang litrik menuju aki.

Aki sebagai baterai yang menyuplai daya listrik untuk eletrik starter, klakson, lampu, dan lainnya. Tetapi misalkan saja proses pengisian ulang daya yang digunakan untuk starter belum terpenuhi, aki masih mengeluarkan banyak daya dari berbagai piranti modifan. Maka yang terjadi adalah tidak semimbangnya pengisian dengan pengeluaran daya listrik .

— advertisement —

Baca juga : Ciri Aki Motor Harus Diganti

Usia pakai Aki motor bisa saja cepat habis karena berbagai penyebab, kebanyakan karena kebiasaan dari yang yang punya motor. Aki motor habis listrik itu bisa merepotkan banget gan, kita masih bisa menghidupkan mesin tapi dengan cara melakukan kick starter.

Untuk motor sport dan bebek sih gampang-ampang saja kalau mau pakai kickstarter. Tetapi untuk motor matic mesti turun dulu buat pasang standar tengah. Sangat menyita waktu gan.

— advertisement —

Untuk itu anda perlu mengetahui penyebab aki motor soak agar lebih efektif dalam penggunaan kelistrikan motor.

1. Lampu rem belakang terus menyala
Walaupun tuas rem tidak ditekan lampu rem belakang menyala terus, penyebab dari masalah ini biasanya dari switch rem yang rusak. Jika dibiarkan saja arus listrik dari aki terus menerus mengalir sampai akhirnya aki jadi tekor.

2. Melakukan Bore up mesin
Hal ini juga bisa membuat listrik aki habis lebih cepat. Modifikasi seperti ini harusnya di imbangi dengan elektrik starter yang di upgrade pula. Kompresi tinggi lebih besar dari standarannya membutuhkan listrik yang lebih besar, ketika elektrik starter memutarkan mesin.

3. Klakson racing
Banyak orang yang memasang klakson modifan dengan berbagai suara tanpa menyesuaikan daya listrik pada aki. Perubahan seperti ini membutuhkan suplai listrik yang besar dari biasanya, olehkarena itu harus disesuaikan dengan tenaga pada baterai.

— advertisement —

4. Memasang lampu HID
Lampu jenis ini biasanya membutuhkan suplay listrik yang besar. Jika tidak diseimbangkan dengan spul pengisian, aki akan cepat tekor. Hal ini juga berlaku apabila kita teralalu over dalam menggunakan lampu.

5. Motor jarang digunakan atau untuk jarak dekat saja
Aki membutuhkan pengisian ulang listrik ketika mesin dihidupkan, tetapi bisa saja pengisian belum terpenuhi tapi motor sudah selesai digunakan.

6. Masalah Konsleting kelistrikan
Modif yang merambah bagian kelistrikan bisa menimbulkan masalah konsleting. Di mana ada hubungan arus pendek dimana arus dari kutub positif baterai langsung terhubung dengan arus negatif baterai dengan hambatan cukup kecil. Hal ini bisa menimbulkan terhambatnya pengisian baterai, sampai pula terlalu besarnya arus listrik yang mengalir yang berimbas pada aki tekor.

Itulah beberapa penyebab aki cepat tekor, semua ini balik lagi pada kebiasaan masing-masing. Kalau penggunaan saparepart dan aksesoris masih dalam kategori wajar, pastinya usia pakai aki akan lebih lama.