Kolom Pencarian Menu Utama

Lampu utama pada kendaraan memang semakin berkembang siring kemajuan teknologi dari zaman ke zaman. Saat ini kendaraan beroda dua maupun empat sudah mulai meninggalkan lampu jenis bohlam dan berpindah jenis lampu teknologi baru seperti Halogen HID, dan LED. Pada kesempatan ini saya akan membahas keunggulan dari ketiga jenis lampu kendaraan diatas.

Lampu Halogen

Lampu Halogen

— advertisement —

Lampu halogen adalah lampu bohlam yang sudah mngalami pengembangan, lampu halogen punya sfat filamen tungten dibalut menggunakan kaca, dalam balutan tersebut sudah dimasukkan gas yaitu Nitrogen. Ketka listrik masuk pada halogen, filamen akan terpanaskan sehingga menghasilkan cahaya yang sudah diperkuat gas pada bohlam halogen ini. Intensitas cahaya yang dihasilan cukup kuat, sehingga mempunyai keunggulan untuk mobil atau motor yang sering dibawa adventure dengan lokasi yang gelap tanpa ada sedikitpun bantuan penerangan jalan.

Lalu apa kelemahan lampu halogen ? ternyata kekurangannya iyang pertama adalah mudah sekali panas, makanya bohlam jadi lebih cepat buram. Kedua lampu ini sangat besar konsumsi daya listrikny sehingga membuat aki lebih cepat tekor.

Lampu HID

— advertisement —

Lampu HID

HID yang merupakan singkatan dari High Density Dischanger adalah lamu yang dibuat dari campuran bahan gas dan logam, cahaya yang dihasilkannnya ini mirip dengan cahaya matahari yang berwara putih terang. Lampu HID, dewasa ini banyak sekali digunakan untuk foglamp, hanya saja lampu ini juga punya kekurangan, karena dianggap saking terangnya bisa menyilaukan pengendara dari lawan arah. Makanya di negara lain seperti Eropa dan Austrlia penggunaan lampu HID merupakan sebuah pelanggaran lalu lintas karena bisa membahayakan pengendara lain.

Lampu LED

Lampu LED

— advertisement —

LED yang merupakan singkatan dari Light Emithing Diode, adalah semi konduktor yang dapat merubah energi listrik menjadi cahaya pada saat alat tersebut dilewati arus listrik. Warna yang dihasilkan oleh lampu ini adlah putih terang. Lampu LED punya keunggulan dari segi konsumsi listrik yang hemat dan tidak mudah putus, sehingga daya listrik pada aki tidak mudah cepat habis. Lampu LED juga tidak menghasilkan cahaya yang panas seperti lampu bohlam dan cahayanya juga tidak mengandung ultra violet yang dapat merusak mata.

Bagaimana, sudah memutuskan mana yang lebih bagus menurut anda? pilihlah jenis lampu yang sesuai kebutuhan namun tak merugikan orang lain.

Satu Komentar

  • Taufik berkata:

    Menurut saya sih Lebih kondusif yg halogen… Halogen bisa menyesuaikan di segala medan… Cuma yaitu kelemahannya bisa mengura daya dri batrai. Klo HID engga dech coz usia nya yg relatif singkat juga bisa merugikan orang lain. Klo LED bagus untuk ke awetannya…. Tpi di medan hujan dan berkabut lmpu LED itu lemah ga bisa menunjukan kekuatannya untuk menembus hujan dan kabut… Tpi di kala tidak musim hujan LED bisa di ajak kompromi… Harganya pun cukup lumayan di banding jenis yg halogen dan hid. Tpi saya pilih LED ja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *