Kolom Pencarian Menu Utama

Tidak semua motor menggunakan rem tipe cakram. Biarpun jadul, masih ada ko yang menggunakan jenis rem tromol. Biasanya sih diperuntukan untuk motor-motor tertentu biar harganya lebih terjangkau. Memang secara tampilan tidak sekeren rem cakram, tetapi sudah memenuhi standar keamanan.

Bagian yang satu ini merupakan penunjang utama tingkat keselamatan agan saat berkendara. Rasanya gak bakalan tenang banget kalau komponen ini tidak bekerja dengan baik. Baik rem tromol belakang pakem atau cakram yang pakem, sangatlah diperlukan.

Perlu anda ketahui mengenai beberapa cara mudah agar Tromol lebih pakem

Selain untuk keselamatan, rem berfungsi untuk mengatur kecepatan laju kendaraan yang kita pakai saat mau berhenti ataupun saat ingin mengurangi kecepatan.

— advertisement —

Mengenal Prinsip Kerja Rem Tromol

Rem tromol bekerja dengan prinsip gesekan untuk mengurangi kecepatan laju kendaraan. Komponen utama dari rem tromol ini terdiri dari 2 kanvas rem yang terletak pada bagian dalamnya. Kemudian yang kedua ada komponen yang berbentuk mangkuk yang agan kenal sebagai tromol rem.

Sebelum pedal rem ditekan, rem tromol dan kanvas rem itu saling menjauhi, jadi saat rem ditekan maka dua buah kampas rem bergerak ke arah luar. Proses ini membuat kampas rem menekan permukaan dalam tromol rem. Sehingga terjadilah gesekan yang akan menghentikan putaran tromol dan roda.

Apabila pengereman tromol ini tidak optimal, yang terjadi adalah tingkat keselamatan anda berkurang.

— advertisement —

Baca Juga : Penyebab dan Cara Mengatasi Rem Cakram Motor Macet atau Seret

Penyebab Rem Tromol Kurang Pakem dan Cara mengatasinya

Rem tromol merupakan salah satu sistem pengereman yang digunakan pada motor dan tidak kalah pamornya dengan Rem cakram. Nah apa saja sih penyebab rem tromol kurang pakem ?

Langkah terbaik cara agar rem tromol pakem, secara teratur harus melakukan perawatan agar masalah-masalah penyebab rem blong dapat terdeteksi lebih awal. Komponen di dalamnya juga bisa lebih awet karena sering dibersihkan dari debu dan sisa kanvas rem.

Kampas Rem Aus
Komponen yang paling mempengaruhi kinerja sistem rem ini adalah kampas remnya. Jika daging kampasnya sudah aus agan harus menggantinya. Agar pedal rem saat ditekan pergesekan kampas rem dengan tromol maksimal.

— advertisement —

Kampas Rem Tebal Tapi Licin
Apabila kondisi kampas masih tebal, bisa saja permukaannya keras sehingga saat bergesekan dengan tromol jadi lebih licin. Untuk mengatasi masalah ini cukup dengan menghamplas permukaan kampas.

Debu dan Kotoran
Adanya serpihan atau debu menumpuk akibat pergesekan di dalam tromol bisa menghambat kinerja kampas rem karena bergesekan dengan objek lain. Agan perlu membersihkannya menggunakan kompresor atau menggunakan lap.

Pegas Rem Loyo
Komponen lain yang ada di dalam tromol bisa berpengaruh terhadap pengereman. Contohnya saja pegas rem, Jika kondisinya sudah mengendur, dapat mengurangi kemampuan sepatu rem yang tidak kembali (mengendur) ke tempat semula. Akan terjadi panas berlebih karena kampas rem terus bergesekan dengan tromol. Kalau sudah panas, pengeremanpun jadi kurang baik. Agan harus menggantinya dengan pegas yang baru.

Tuas Tromol Perlu Di Setel
Penggunaan rem akan mengurangi ketebalan dari kampas rem, sebelum kampas ini aus total agan bisa menyetel tuas tromol semakin kencang. Agar tromol dan kampas tidak terlalu berjauhan.

Permukaan Tromol Aus
Jika agan sudah memastikan komponen lain dalam keadaan baik, bisa saja masalah kurang pakem ini disebabkan ausnya permukaan dalam tromol. Jadi gesekan antara 2 komponen ini tidak terjadi. Mau tidak mau agan harus menggantinya dengan tromol yang baru.

Jenis Kampas Rem
Ketika mengganti kampas dengan yang baru, agan perlu perhatikan jenis dan model peruntukannya. Produk-produk lokal memiliki spesifikasi yang berbeda-beda, kadang ada yang tidak sesuai dengan tromol rem. Jadi kalau bisa ganti dengan part original.

Itulah Cara Agar Rem Tromol Pakem semoga bisa bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *