Kolom Pencarian Menu Utama

Semua motor matic produksi Honda sudah dilengkapi dengan fitur yang namanya Automatic Head Light On (AHO). Fitur ini secara otomatis akan membuat lampu menyala selama mesin hidup karena tidak adanya saklar pemutus arus.

Cara Gampang Mematikan Lampu AHO pada Motor Honda Vario, Supra X 125, Scoopy, dan Beat

Fitur ini sudah menjadi perangkat bawaan motor, tujuannya adalah untuk menjaga keselamatan berkendara agar pengemudi tidak perlu repot-repot atau lupa lampu belum menyala. Tetapi penggunaan fitur ini juga bisa mempengaruhi usia pakai dari lampu karena terus menyala.

Nah ada cara yang gampang untuk mematikan fitur lampu ini agar bisa kita matikan atau hidupkan secara manual. Kita bisa memanfaatkan Saklar On/Off aftermarket yang sekarang sudah banyak dijual di bengkel-bengkel.

— advertisement —

Kalau saklar bawaan motor Honda hanya ada 2 klik, jadi buat menyalakan lampu jarak jauh dan dekat saja. Namun saklar Aftermarket ada 3 klik, untuk lampu dekat, jauh, dan mematikan/menyalakan lampu.

Cara memasang saklar ini hanya menggunakan obeng Min saja untuk mencungkil saklar bawaannya. Jika sudah terlepas, baru kita sambungkan sabel ke dalam soket saklar aftermarket. Pemasangan part ini biasnaya Plug and Play (Pnp).

Sebelum agan membeli barang ini pastikan dudukan saklar sesuai dengan motor agan, karena tidak semua saklar motor honda sama. Beberapa motor yang punya kesamaan dudukannya diantaranya adalah Honda Supra X 125 FI yang baru, Honda Vario 125 generasi pertama, Honda Revo FI, Honda BeAT dan Honda Scoopy.

— advertisement —

Sama dengan saklar bawaan ada 2 fungsi saklar, satu untuk lampu high dan yang kedua ada ntuk lampu low. Bedanya untuk saklar yang aftermarket ini ada saklar off yang tembanganya itu tidak nyambung ke kabel apapun. Jadi ketika arus positif mengalir ke saklar Off, lampu depan tidak akan menyala.