Kolom Pencarian Menu Utama

Cara Menggunakan Rem CBS – Pengalaman berkendara motor matik dengan manual memang berbeda, salah satunya itu dari cara pengeremannya. Karena motor matik yang tidak punya perseneling ketika kita melakukan pengereman. Jadi tidak bisa disamakan dengan yang manual karena bisa menggunakan engine brake atau penurunan ke gigi bawah secara bertahap.

Tuas Rem CBS
image by : Motor Alap

Lain halnya dengan matik yang menggantungkan diri dengan sistem pengeremannya saja untuk mengurangi kecepatan. Jadi penggunaan dan kualitas sistem remnya harus benar-benar baik, agar tidak terjadi hal yang tidak di inginkan.

Keunggulan Rem CBS

Berbeda dari pabrikan skutik lainnya untuk motor honda, saat ini melengkapi motornya dengan sistem rem CBS (Combi Brake System). Jenis sistem pengereman ini awalnya diterapkan pada motor Honda Vario 125 Techno, kemudian diterapkan juga pada honda beat.

— advertisement —

Menurut Honda, model CBS ini membuat pengendara bisa mengaktifkan pengeraman depan dan belakang hanya dengan satu tuas. Yaitu tuas rem kiri atau rem belakang.

Saya senditi termasuk yang bingung mengenai cara yang benar untuk menggunakannya. Agar tidak terjadi kegagalan momen pengereman yang tidak sesuai dengan perkiraan. Tadinya dirasa akan berhenti ketika melakukan pengereman, malah nyelonong begitu saja.

Rem CBS Blong ?

Apa sih penyebab rem CBS ini menjadi blong ketika digunakan? menurut pengalaman saya sih hal ini terjadi ketika kita menekan tuas rem kanan kiri secara penuh bersamaan. Hal ini ternyata bisa menggangu kinerja dari sistem rem ini.

— advertisement —

Cara benar menggunakan rem CBS?

Solusi pertama agar tidak terjadi rem blong atau kurang pakem, saya sarankan ketika melakukan penekanan tuas rem belakang. Untuk tuas rem depannya cukup ditekan secara perlahan saja disesuaikan dengan feeling.

Solusi kedua, agan juga bisa mencoba menggunakan teknik kocok pada tuas rem kiri CBS. Dengan cara menekan sedikit tuas rem kemudian secara cepat kita lepaskan dan tekan kembali lebih keras.

Oh yah, ada juga beberapa penyebab lain yang bisa mempengaruhi kinerja rem CBS ini secara drastis. Yaitu salah satu kampas rem depan atau belakang ada yang sudah menipis. Makanya penting sekali bagi agan untuk lebih rutin memerikasa keadaan komponen rem motor ini.

— advertisement —