Kolom Pencarian Menu Utama

Teknik mengerem sepeda motor ketika kecepatan lambat dan rendah itu tentu saja berbeda gan, semakin cepat motor maka akan semakin sulit untuk dikendalikan. Berbeda jika motor dibawa dengan kecepatan rendah, kalaupun mesti berhenti mendadak, tidak akan terus melaju begitu saja.

Tips Rem Mendadak

Ketika motor ingin melaju kencang, cukup dengan menarik tuas gas dengan kencang. Namun ketika berhenti apalagi ketika dalam kecepatan tinggi, tidak cukup dengan menekan tuas rem sekeras mungkin saja.

Sepakem apapun teknologi pengeraman yang digunakan, apakah motor berhenti begitu saja walaupun ban sudah tidak berputar ?. Berikut ini adalah beberapa tips atau teknik pengereman mendadak saat motor dalam kecepatan tinggi :

— advertisement —

Pengereman motor kopling

Kalau menggunakan motor kopling manual, lakukan pengereman dengan cara menekan kedua rem (depan-belakang) secara bersamaan, ketika motor hampir dalam keadaan berhenti baru tekan tuas kopling. Hal ini dimaksudkan agar pengereman terbantu oleh mesin tenaga mesin melalui enginge brake, dengan cara ini juga beban pengereman tidak terlalu besar.

Hindari rasa panik

Cara terbaiknya, saat melakukan pengereman kita usahakan untuk rileks, hindari rasa panik. Menekan tuas rem secara penuh dan mendadak bisa membuat roda motor terkunci dan menyebabkan selip. Kejadian seperti ini berimbas pada laku kencaraan yang tak terkendali. Gak bakal sulit dikendalikan kalau motor agan sudah dilengkapi fitur Rem ABS.

Dengan ketenangan diri, kita bisa mengatur penegereman dan menghindarkan motor dari benturan benda di depan kita.

— advertisement —

Letakan semua jari pada grip stang motor

Kebiasaan salah yang sering dilakukan pengguna motor, salah satunya adalah selalu meletakan jari tangan pada tuas rem. Teknik ini jangan dibiasakan, untuk megnhindari penekanan tuas rem yang dilakukan tanpa agan sadari. Seharusnya posisi jari semuanya mengepal pada grip gas dan tidak ada yang menempel pada tuas rem.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *