Kolom Pencarian Menu Utama

Ketika musim hujan tiba, agan tidak bisa menghindari kotornya motor anda karena jalanan yang becek, apalagi sudah ujan-ujanan. Motor kesayangan anda bisa terlihat kusam bahkan timbl karat pada komponen yang terbuat dari besi.

Bahaya Mencuci Motor Ketika Mesin Panas

Makanya disarankan untuk mencuci motor tersebut agar terhindar dari masalah tersebut, minimal membilasnya dengan air bersih agar tidak ada kotoran yang mengering. Kotoran yang dibiarkan begitu saja bisa menimbulkan bercak atau water spot yang susah untuk dihilangkan.

— advertisement —

Tetapi ada hal yang perlu agan perhatikan sebelum mencuci motor kesayangan anda.

Karena ada beberapa hal yang biasanya jadi pertanyaan banyak orang, yaitu, apakah bahaya mencuci motor dalam kondisi mesin motor panas setelah digunakan?

Jawabannya adalah tentu saja berbahaya, olehkarena itu wajib untuk anda menunggu dulu suhu mesin berkurang, kurang lebih tunggu selama 5-10 menit. Agar part yang terbuat dari bahan metal di dalam mesin tidak mengalami thermal shock atau terjadi penyusutan material secara mendadak saat terkena air dingin.

— advertisement —

Apalagi motor-motor gede yan mempunyai suhu lebih panas ketika digunakan. Efek dari  Mencuci Motor Ketika Mesin Panas Habis Digunakan  :

  1. Jika dipaksakan, akan terjadi timbunan embun pada panel indikator, reflektor lampu dan water spot di bodi.
  2. Mencuci motor saat mesin motor panas juag bisa meninggalkan noda pada mesin
  3. Membuat komponen logam pada mesin cepat renggang dan rusak, bahkan parahnya bisa pecah.

Daripada motor kesayangan agan mengalami kerusakan, ada baiknya menunggu terlebih dahulu suhu mesin turun,