Kolom Pencarian Menu Utama

Tidak seperti tahun-tahun ke belakang, sekarang ini musim hujan rasanya lama sekali. Imbasnya jalanan aspal jadi berlubang, mending kalau lubangnya gak dalam.

jalan berlubang

Kondisi seperti ini bisa menimbulkan kecelakaan jika agan tidak berhati-hati, apalagi kalau salah mengambil langkah dalam mengemudikan motor.

Ada cara-cara sederhana yang bisa agan terapkan ketika melintasi jalanan berlubang dengan motor. Jika menggunakan teknik pengereman mendadak bisa membahayakan diri sendiri dan pengendara lain.

— advertisement —

Bukan hanya agan yang kaget, pengendara di belakang agan juga bisa ikutan kaget, banting setir, tersenggol, dan lainnya. Mending kalau motor yang digunakan jenis trail, tentunya motor seperti ini lebih aman dibawa ke jalanan ekstrim.

1. Mengurangi Kecepatan

Yang paling utama ketika menghadapi jalanan berlubang adalah menjaga kecepatan motor di angka yang rendah atau tidak ugal-ugalan. Cara ini tentunya lebih mudah untuk agan untuk mengendalikan motor agar terhindar dari benturan keras.

Agan juga bisa memilih bagian jalan yang tidak rusak, asalkan tetap memperhatikan keadaan di depan dan belakang agar tidak terserempet.

— advertisement —

2. Hindari jalan berlubang penuh genangan air

Sebisa mungkin hindari jalan berlubang yang penuh dengan genangan air. Untuk mengantisipasi kedalaman yang tak terduga, yang bisa membuat agan celaka dan membuat velg penyok.

3. Perhatikan kendaraan di depan agan

Apabila kondisi jalan yang dilewati cukup ramai, agan bisa memperhatikan kendaraan di depan dengan mengikuti atau tidak mengikuti jalanan yang sama. Ketika kendaraan di depan terjerembab pada lubang yang dalam, agan bisa menghindari area tersebut.

4. Menjaga jarak aman untuk kendaraan di depan dan belakang

Hal ini bermanfaat agar bisa menghindari kendaraan di depan agan jika mengerem mendadak. Begitupun kendaraan di belakang agan juga bisa menghindari motor agan apabila terjadi pengereman mendadak.

5. Tetap Fokus

Tetap fokus dan hindari cara berkemudi yang bisa membuat gaan lengah, sepeti memainkan hp. Berkonsentrasi penuh untuk menghindari resiko kecelakaan sekecil apapun itu.

— advertisement —

6. Gunakan rem belakang

Selalu utamakan gunakan rem belakang untuk mencegah roda terkunci saat rem mendadak karena jalan berlubang. Penggunaan rem depan secara mendadak bisa membuat roda depan terkunci dan selip.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *