Kolom Pencarian Menu Utama

Ban yang menjadi salah satu bagian vital pada motor, segi kualitas dan spesifikasinya memang harus kita perhatikan dengan baik. Hanya saja pada zaman sekarng tidak sedikit muda-mudi yang cenderung lebih suka menggunakan ban dan velg berukuran kecil. Saking kecilnya terlihat sangat tipis, modif ini biasa disebut sebagai modifikasi ban cacing.

Kelebihan dan Kekurangan ban cacing

Jangan sampai anda celaka karena penggunaaan ban pada situasi yang salah, karena biasanya ban dengan ukuran diameter 17 inci dengan rasio tinggi ban ke bibir pelek 90mm atau juga ban berukuran 50/90-17 biasanya digunakan sebagai ban ajang balapan drag race, adu kecepatan dengan panjang trek 402 meter.

Dengan kata lain ban ini memang punya dua sisi yang memiliki keunggulan dan juga kekurangan. Apabila digunakan untuk sehari-hari bisa membahayakan nyawa pengendara. Pada kesempatan kali ini saya akan bahas berbagai potensi yang bisa agan dapat apabila menggunakan ban cacing, yaitu :

— advertisement —

Kelebihan Menggunakan Ban Cacing

Dengan lebar ban yang kecil, bahkan dibawah ukuran standar motor bawaan pabrik bisa meningkatkan tarikan dan akselerasi motor, apalagi ketika awal-awal betot gas lebih ringan. Selain itu karena bobotnya yang ringan ternyata bisa menambah panjang umur dari gear dan rantai, hanya saja penggunaan untuk kebutuhan sehari-hari itu sangat tidak disarankan karena berbagai alasan.

Kekurangan Menggunakan Ban Cacing

Pengunaan ban cacing untuk sehari-hari bisa membuat motor mudah tergelincir, karena tapak ban yang mencengkeram aspal tidak besar membuatnya berbahaya ketika bermanuver di belokan, apalagi kalau kondisi jalanan sedang basah. Alasan kedua adalah kurang stabilnya motor dikarenakan ban tidak bisa mengimbangi bobot motor dan pengendaranya.

Penggunaan ban cacing yang punya lebar daging karet yang tipis. Jadi tidak bisa meredam benturan ketika digunakan di permukaan jalan yang bergelombang. Apalagi banyak lobangnya, sehingga bisa mempercepat keruskan velg motor. Jangan heran yang pakai ban cacing selalu kena tilang Pak Polisi. Karena potensi kecelakaan sangat besar terjadi pada pengguna ban motor cacing.

— advertisement —

Jadi sah-sah saja menggunakan ban cacing asalkan tidak digunakan diluar keperluan kontes, pameran, dan balapan drag race.

Tips Menggunakan Motor pakai Ban Cacing

Menggunakan motor pakai ban cacing ini tidak boleh dilakukan secara asal-asalan. Sebaiknya dikendarai pada jalan dengan kontur yang rata alias tidak berlobang. Enggak kebayang kan kalau modifikasi yang membuat motor jadi lebih pendek ini anda terapkan pada motor yang selalu melewati jalanan terjal.

Apalagi kalau dipakai berbonceng, sangat-sangat tidak recomended. Pastinya agan bakalan sering ngangkat ban motor karena bagian mesin beradu dengan bagian jalan yang berlubang.

Kemudian agan juga wajib memperhatikan tekanan angin ban apabila sedang hujan. Jika ingin terhindar dari resiko tergelincir, ukuran tekanan udara tidak boleh terlalu tinggi. Agar daya cengkram ke permukaan jalan lebih tinggi.

— advertisement —

Terakhir sebaiknya jika anda ingin menggunakan aliran ban cacing, pilihlah ban yang punya daya cengkeram tinggi. Pilih ban dengan spesifikasi soft, walaupun jenis ban ini memang cepat aus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *