Kolom Pencarian Menu Utama

Selera warga Indonesia bergeser semenjak dilundurkannya berbagai jenis motor matik. Perlahan tapi pasti mulai menggeser kedudukan motor bebek yang sudah lebih dulu menguasai pasaran Motor di negara kita. Kendaraan roda dua jenis ini semakin banyak digunakan di jalanan karena punya desain yang lebih dinamis dan mudah digunakan.

Efek Samping Mematikan Mesin Motor Matik Pakai Standar Samping

Motor matik masa kini semuanya menggunakan fitur side stand switch untuk menjaga keselamatan pengendara. Dengan teknologi ini, pengguna matik tidak bisa menghidupkan mesin jika standar samping masih digunakan, jadi harus di lipat dulu, baru mesin bisa dinyalakan.

Cara kerja fitur side stand switch ini yaitu terhubungnya ppangkalan standar samping dengan ECU (Engine Control Unit). Apabila posisi standar samping dalam keadaan tegak atau di rilis, maka ECU secara otomatis akan memutuskan sistem pengapian dan mesin langsung mati.

— advertisement —

Dengan fungsinya tersebut, kebiasaan pengguna matik ada yang beruba. Biasanya mematikan mesin dengan memutar kunci kontak, malah justru mematikan mesin dengan menegakkan standar samping.

Baca Juga : Fungsi, Kelebihan, dan Ciri Injektor Motor Rusak

Apakah kebiasaan ini aman untuk mesin atau komponen lainnya apada motor matik ?

— advertisement —

Sebenarnya sah-sah saja jika agan sering mematikan mesin dengan penggunaan side stand switch ini, asalkan jangan lupa untuk memutar kunci kontak ke kiri. Perlu agan ingat bukan hanya mematikan mesin saja yang harus kita lakukan, ada fungsi kelistrikan yang tidak ikut mati.

Lampu dan panel dashboard tidak ikut mati, dan akan terus menyala jika kita tidak matikan dengan penggunaan kunci kontak. Jika hal ini terjadi, tentunya kapasitas listrik pada aki bisa saja cepat tekor. Apalagi motor zaman sekarang instrumen lampu dan panelnya menggunakan sistem LED yang membutuhkan banyak daya.

Dari segi keamanan, motor yang kita tinggalkan dalam keadaan kunci menempel di rumah kunci bisa saja jadi sasaran maling yang kebetulan lewat. Dengan mudah mesin bisa dihidupakan dan dibawa kabur.

Jadi kesimpulannya, penggunaan fitur side standar switch untuk mematikan mesin sah-sah saja. Asalkan agan tidak lupa untuk memutarkan kunci kontak ke posisi off untuk menghindari aki tekor.

— advertisement —

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *