Kolom Pencarian Menu Utama

Sangat menakutkan sekali ketika agan menggunakan motor, tiba-tiba mesin mati mendadak. Apalagi kalau lagi menyalip mobil di depan, kalau mesin mati bisa tertabrak kendaraan yang di belakang kita. Kadang-kadang juga ada keluhan saat di gas mesin mati, kemudian hidup lagi.

Motor Injeksi

Pada umumnya motor injeksi baik itu matik atau gigi manual mati mendadak ini bisa dikarenakan kotoran-kotoran yang menyumbat komponen di dalam mesin. Itulah pentingnya untuk melakukan servis secara teratur, untuk mencegah hal seperti ini terjadi.

Klep Kotor

Kebanyakan motor mesinya mati mendadak dikarenakan keadaan klep yang kurang bersih alias kotor. Klep yang kotor tidak bisa menutup dengan sempurna, maka akan terjadi kebocoran kompresi.

— advertisement —

Kalau ingin pembakaran terjadi dengan normal, agan mau tidak mau harus membersihkannya. Kotoran pada klep ini biasanya adalah hasil kerak karbon yang sisa pembakaran bahan bakar berkualitas jelek.

Masuknya air ke dalam tangki bensin

Masuknya air ini mengakibatkan proses pembakaran yang tidak normal karena tercampur air. Bisa membuat mesin kadang-kadang menyala dan mati.

Bensin yang Kotor

Apa saja sih yang bisa menyebabkan bahan bakar yang kita gunakan kotor? biasanya sih karena kita membeli bahan bakar di pinggir jalan yang sudah menggunakan kemasan lain, beda kalau dari Pom Bensinnya langsung pastinya lebih bersih. Selanjutnya juga bisa karena bahan bakar yang kita gunakan beroktan rendah.

— advertisement —

Busi Lemah

Masalah ini paling sering menjadi biang kerok motor mendadak mati saat di gas yaitu busi yang lemah. Ketika busi melemah, pengapian jadi tidak sempurna, bahkan mesin jadi berebet ketika di gas. Bahkan jika busi mati pastinya mesin akan mati sepenuhnya.

Filter Udara Kotor

Filter udara pada motor-motor injeksi mempunyai fungsi untuk menyaring udara dan kotoran agar tidak measuk kedalam ruang bakar. Ketika saringan udara sudah tidak layak pakai, maka udara akan tersumbat oleh kotoran dan tidak dapat masuk ke ruang bakar. Jadi suplai udara ke injektor untuk dicampurkan bahan bakar, akan terganggu.

Injektor Kotor

Injektor ini sama dengan karburator yang bisa saja ujung penyemprot bahan bakarnya tersumbat. Walaupun terdapat filrter, tetapi tetap saja slalu ada kototran atau debu kecil yang lolos dari saringan. Kotoran yang semakin menumpuk ini bisa membuat bahan bakar sedikit bahkan tidak masuk ke ruang bakar.

Sensor Injektor Kotor

Karena sistem bahan bakar ini full elektronik, maka akan ada sebuah sensor didalamnya. Kerusakan sensor ini biasanya bisa kita ketahui dari indikator speedometer yang berkedip. Untuk memastikan kerusakan ini dibutuhkan sebuah scanner.

— advertisement —

Sikring Hangus

Kerusakan pada sekring ini biasanya terjadi karena korsleting listrik yang membuatnya secara otomatis terputus. Terkadang juga sekring yang mengalami konslet tidak akan sepenuhnya putus namun ia akan meleleh.


Sistem bahan bakar injeksi punya banyak kelebihan dari segi efektivitas penggunaan bahan bakar, ketimbang karburator. Makanya zaman sekarang produksi motor baru kebanyakan pakai sistem elektronik, imbasnya untuk perbaikan ataupun penggantian komponen cukup mahal.

So alangkahbaiknya agan selalu servis rutin agar, kerusakan pada motor tidak semakin menumpuk. Dengan begitu berbagai penyebab kerusakan komponen motor dapat dicegah secara dini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *