Kolom Pencarian Menu Utama

Oli Diesel dengan Oli motor angka kekentalannya sama…? apakah ada perbedaan antara oli untuk mobil diesel  dengan oli biasa pada motor? mari kita simak pembahasannya  :

Keunggulan Oli Diesel, Boleh Tidak Digunakan Pada Motor

Perbedaannya ada pada TBN, TBN merupakan kemampuan basa dari oli yang berfungsi untuk menetralisir asam yang diakibatkan dari oksidasi, oksidasi ini sisebabkan karena terjadinya kontaminasi bahan bakar minyak di ruang bahan bakar dan masuk ke bak oli melalui ring piston dan akibat dari temperatur mesin yang tinggi.

Angka TBN yang tinggi ini yang menjadi perbedaan sekaligus keunggulan prodk ini, adanya zat aditif detergent & dispersant yang sanggup membersihkan dan menetralisir asam sisa pembakaran, kalau di mesin diesel asam tersebut terlahir dari pembakaran solar yang mengandung sulfur tinggi mencapai 3.500 ppm.

— advertisement —

Asam tersebut sanggup merusak kualitas, makanya pada oli diesel angka TBN nya lebih tinggi dan pergantian oli pun bisa lebih lama untuk dilakukan.

Kelebihan oli diesel

Hal ini pula yang menjadikan produk sejenisnya banyak digunakan dan diminati pengguna motor, pasalnya dengan TBN yang tinggi mampu meminimalisir kerusakan oli akibat asam, apalagi bahan bakar minyak mesin motor yang asamnya lebih sedikit mengandung sukfur, untuk oli diesel TBN 10-12, sedang untuk bensin 6-8.

Makanya banyak yang pernah mencoba pada motor mengaku periode pergantian oli bisa lebih lama sampai 6.000km ketimbang memakai yang biasa dengan nilai TBN nya tidak setinggi oli diesel, dan dengan oli diesel yang penggunaannya lebih lama, biaya pergantian oli bisa ditekan.

— advertisement —

Selain itu Oli jenis ini mempunyai antioksidan yang tinggi untuk mencegah oksidasi karena panasnya mesin.

Jadi oli diesel lebih tahan lama karena mampu mencegah penurunan visikotas yang terjadi karana 2 hal, yaitu :

  • Pertama mesin dengan oli tsb digunakan saat suhu tinggi
  • Kedua mesin dengan oli tsb membawa beban yang berat

Dengan antioksidan tinggi ketahanan oli diesel lebih lama, makanya walaupun sudah dipakai angka panjang mesin tetap terasa halus.

Pro kontra memakai oli diesel di motor

Boleh tidaknya memakai oli diesel pada motor masih jadi pro dan kontra sampai saat ini, ada yang masih ragu untuk menggunakannya dan ada juga yang sudah lama menggunakan.  Bahkan tanggapan dari pihak yamaha dan honda pun berbeda :

— advertisement —

Dari yamaha : “Enggak masalah, tapi harus teliti dalam memilih oli diesel. Pertama dari kekentalan, lebih baik cari yang encer agar sirkulasi lebih lancar namun resikonya suara mesin lebih kasar. Kedua pilih yang tak mengandung teflon berlebih agar enggak bikin selip kopling, biasanya ada logo donat (conserving 2),” papar M. Abidin, GM Service & Motorsport Division PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing.

Kalau Honda:  “AHM tidak membenarkan motor Honda menggunakan oli untuk mesin diesel. Hal tersebut dikarenakan desain dan konstruksi mesin motor berbeda dengan diesel. Dalam memilih oli konsumen harus memperhatikan SAE, API Service dan JASO yang harus sesuai dengan rekomendasi pabrik seperti di buku manual,” terang Sriyono, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM).

Tuh kan beda-beda pendapat :D, bisa jadi motor yamaha bakalan banyak yang pakai karena sudah ada restunya, dan motor honda minder duluan karena ada larangan dari pihak honda :p.

Pakai Oli sesat

Silahkan saja yah gan, dipilih dan dipilah terlebih dahulu, kalau di grup-grup motor  sih  banyak yang merespon positif keunggulan dari oli diesel yang digunakan pada motor mereka.

4 Komentar

  • Henry berkata:

    Honda supra x helm in saya pake oli diesel, sdh menempuh jarak lebih dari 10.000 km, pake oli duron xl,
    Mesin istimewa halus sekali, riding style normal, top speed tidak lebih dari 80kpj,…

  • herry berkata:

    Motor saya hsx 125 helm in, sdh memakai oli HDEO lebih dari 10.000km, alhamdulillah, gak ada masalah, apalagi mesin jadi kasar atau rompal, justru pada saat menngunakan oli pabrikan motor kasar sekali, pernah saya tanyakan kenapa mesin hsx 125 saya kasar sekali?, jawabannya “ini gak papa Pak, sdh dari pabrikannya begini”,… Nyonyor gak dgn jawaban kayak gitu,.. Akhirnya begitu garansi habis, ya saya cari2 oli yang pas, dapatlah oli HDEO rekomendasi teman,…

  • asri berkata:

    motor sy Honda supra fit helm in, dulu sy beli motor tua, suara mesinx uda kasar sekali dan suda berasap,
    dari situ sy mulai punya ide untuk mencoba menggunakan oil HDEO, krn sy jga pernah training d castrol tentang fungsi dan kualitas oil, jdi sy coba, Alhamdulillah motor sy suarax halus dan asapx jga udah gk ada,
    jdi tman” jgn ragu untuk nggunakan HDEO,
    memang klu dri di aler sgat tdk menganjurkan, krn klu semua org menggunakan oil diesel, takut prodakx gk laku..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *