free web page hit counter Efek Samping Motor Injeksi Kehabisan Bensin? Apa Yang Akan Terjadi ? - RiderGalau.com
Kolom Pencarian Menu Utama

Seperti yang agan ketahui penggunaan sistem bahan bakar injeksi pada motor banyak memberikan keuntungan, dari segi perawatan, dan juga konsumsi bahan bakar yang lebih irit ketimbang sistem bahan bakar konvensional dengan karburator.

ilustrasi motor mogok
ilustrasi motor mogok 😀

Pada kesempatan Kali ini kita tidak akan membahas cara kerja dan fungsi dari sistem injeksi, yang akan di bahas adalah jika mengenai Apa yang terjadi jika motor injeksi habis bensin?. Kemudian apa yang harus kita lakukan jika kita menghabiskan bensin sampai motornya mati.

Banyak yang beranggapan jika motor injeksi habis bensin atau bahan bakar motor bisa mogok dan menimbulkan kerusakan, apakah benar seperti itu?

Motor Injeks Habis Bensin Menimbulkan kerusakan ?

Hal itu jelas salah gan, kalo “berhenti” karena kehabisan bakar itu benar, tapi kalo menimbulkan kerusakan, dan dikira saat kembali mengisi bahan bakar motor tidak akan hidup karena sistem injeksinya rusak, itu salah :D.

Tetapi perlu agan tahu juga, menyalurkan bahan bakar pada motor injeksi ini terjadi dengan adanya bantuan dari dinamo. Ketika pemompaan terjadi, dinamo bisa mencapai titik panas, dan untuk pendinginannya mengandalkan suhu dingin dari bahan bakar. Oleh karena itu jika bensin di dalam tangki habis akan sangat mempengaruhi usia pakai dari komponen ini.

Lebih baik agan sering memperhatikan meteran bensin daripada keluar uang yang jumlahnya tidak sedikit. Jangan dipakasakan menggunakan motor sampai tidak ada sama sekali bahan bakar di dalam tangki.

Motor Injeksi Kehabisan bahan bakar, bisa hilang kevakuman/masuk angin ?

Ada lagi anggapan jika motor injeksi habis bensin, bisa masuk angin dan hilang kevakuman pada jalur bahan bakar dari tangki bbm ke pompa injektor/nozzle, akibat kehabisan bbm atau tangki terlalu sedikit bbm-nya ada momen dimana saluran ini kemasukan angin, disela-sela solar. Nah, hal ini juga salah karena penyakit tersebut hanya berlaku untuk mesin diesel (mesin diesel yang teknologi lama tentunya).

READ  Arti Huruf E pada Indikator Bahan Bakar, Benarkah Sudah Kosong?

Tidak ada yang disebut angin palsu karena teknologi injection pada motor telah dilengkapi regulator yang dapat mengatur tekanan bahan bakar. Jadi, tidak ada efek jika motor sampai kehabisan bensin.

Karena pada sistem injeksi jika situasi terburuk itu terjadi Pada saat bensin turun maka tekanan fuelpump akan turun dari nilai normal yang berkisar di angka 250-300 KPa, setelah itu Tersendat dan EG akan OFF, EG Off disini maksute ECM menyetop sinyal ke Fuel Pump dan fuel pump Berhenti bekerja.

Apa yang harus dilakukan ?

Jadi kalau motor injeksi agan kehabisan bahan bakar, hal yang perlu dilakukan cukup mengisinya kembali tangki bahan bakar, dan nyalakan starter On Off bebrapa kali seperti biasanya untuk mengisi tekanan kembali normal.

Biasanya saat menyalakan on off akan terdengar suara mendenging, hal tersebut merupakan tanda upaya pompa bahan bakar untuk memompakan bahan bakar ke selang bahan bakar dan mempersiapkan tekanan yang sesuai untuk pembakaran sekitar 300 KPa, sampai motor normal kembali ke keadaan semula.

Kalaupun kehabisan bahan bakar tidak akan terjadi efek samping yang extreme, agan jangan sampai keseringan membiarkan motor digunakan selalu sampai kehabisan bensin, sekiranya jumlah bahan bakar tinggal sedikit lagi, langsung lakukan pengisian. Karena jika terlalu sering membiarkan hal tersebut, hanya akan sedikit-sedikit mengurangi usia komponen injeksi motor.

Nah seperti itu gan, jadi jangan terlalu paranoid mengenai mitos kehabisan bensin pada motor injeksi ini, asalkan kita tidak terlalu sering mengososngkan bahan bakar. semoga bermanfaat 😀

10 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *