Kolom Pencarian Menu Utama

Perawatan motor memang tidaklah sulit, yang perlu dilakukan adalah dengan melakukan servis secara berkala. Agar tidak terjadi kerusakan yang tidak di inginkan terjadi. Berbeda dengan motor manual untuk motor matik tidak hanya oli mesin saja yang harus kita perhatikan.

Mengganti Oli Mesin Motor Matik

Sistem penggerak pada motor matik membutuhkan oli gardan untuk melumasi bagian sistem transmisi jika kondisinya tidak kita jaga tentu saja bisa menurunkan performa dan mengalami kerusakan.

Idealnya untuk motor matik kita hatus menggantinya secara berkala setiap 4000 km samoa dengan 8000 km. Hanya saja tidak sedikit orang yang menyepelekan keberadaan oli gardan ini. Apabila terlalu lama tidak melakukan pergantian oli biasanya akan mengeluarkan bunyi tidak normal. Jika hal ini terjadi mendankan ada masalah pada gir rasio.

— advertisement —

Kekentalan oli yang berkurang ditambah kotoran yang menumpuk bisa mengurangi kinerja mesin, komponen gear didalamya yang saling bergesakan bisa saja jadi aus. Agan bisa mengalami kerugian apabila harus mengganti komponen ini, biasanya lebih dari Rp 200.000 an ke atas.

Kalau anda malas mematok dari jumlah kilometer pada dashboard, agan bisa mengingatnya selama 4 bulan sekali. Itupun jika pemakaiannya normal, berbeda kasusnya jika motor sering melewati jalanan banjir.

— advertisement —

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *