Kolom Pencarian Menu Utama

Motor yamaha new vixion yang baru turun dari dealer untuk beberapa bulan mesinnya memang senantiasa adem-adem saja, tidak gampang panas, mesin berat, apalagi kipas radiator sering nyala. Hal yang banyak dikeluhkan pengguna yamaha new vixion rata-rata mengenai kipas radiator yang menyala, apakah keadaan seperti ini normal-normal saja? atau memang ada yang salah dari perlakuan kita terhadap motor ini?.

Kalau kipas menyala ketika mesinnya panas itu sih tidak apa-apa, contohnya lagi terjebak kemacetan panjang, so pasti kipas mulai berputar dan ada suara melenting untuk mendinginkan suhu panas mesin.

Yang perlu kita khawatirkan bukan kipasnya yang menyala, tapi kenapa mesin yamaha new vixion cepat panas?.  Ini ada beberapa pengalaman yang saya rangkum untuk menambah pengetahuan agan.

— advertisement —
cover radiator ori new vixion

1. Cover Radiator Racing
Saking terlalu racingnya, cover radiator yang digunakan lubang untuk ventilasi udaranya sedikit sekali. Kalau pakai yang seperti itu kinerja radiator untuk mendinginkan coolant berkurang, karena minim udara yang masuk ke sela-sela radiator. Gunakan cover radiator minimal seperti aksesoris new vixion ori ini : 

Kalau harganya mahal, tinggal kreatifnya kita saja buat sendiri cover radiator pakai kawat ram, banyak ko tutornya di internet.

Oli Mesin

2. Oli Mesin
Banyak pengguna new vixion yang sering mengganti oli dari merk 1 ke merk lainnya, dengan keluhan diantaranya mesin kasar dan mesin cepat panas. Kalau motor yang baru 1 bulanan dari dealer pakai oli standar memang kipas radiator jarang bunyi karena mesin tidak cepat panas. Lalu apa saja oli yang bagus untuk new vixion? baca disini.

— advertisement —
Thermostat Vixion

3. Thermostat Macet
Cara mendeteksi macetnya alat ini bisa menggunakan Diagnostic Tool, kalau gak punya ke dealer saja sekalian service 😀 . Kenapa kalau part ini macet bisa bikin panas? hal ini karena Thermostat berfungsi untuk menutup aliran coolant / cairan radiator agar tidak langsung ke radiator, tujuannya agar panas mesin cepat diperoleh pada waktu proses pemanasan awal ( warming up ). Nah setelah panas mesin sudah mencukupi maka thermostat secara otomatis akan terbuka sehingga coolant akan mengalir ke radiator untuk didinginkan. Kalau rusak, suhu mesin terus bertambah, kipas radiator sering menyala, parahnya bisa over heating gan (cirinya lampu MIL nyala).

Kebanyakan kesalahan sepele seperti diatas bisa menyebabkan masalah ini terjadi. Semoga artikelnya bermanfaat yah gan.

4 Komentar

  • Darwin berkata:

    Apakah harus ganti radiator atau gimana?
    Apa yg harus diganti?

  • Kirom berkata:

    Kayaknya punyaku kena di nmr 3

    • Daniez berkata:

      Punya aku sih baru dipanasin/menyala bentar di dpn rumah skitar 10mnit udh nyala kipas nya pdhal blm jalan kemana mana apa itu ada masalah di termo/radiator nya?

  • Vahrel berkata:

    Kena om kalau saya jalan pelan pelan jarak paling 5 sampai 10 menit.kipas radiator saya sudah menyala.terus kalau saya jalan sudah 1 jam itu lampu indikator haigh temperature itu menyala.ini tidak biasanya seperti ini.saya sering jalan jarak jauh itu aman aman saja paling kipas muter itu wajar.tapi baru baru ini sering sekali alarm haightemperature itu melanya.ini apa radiayornya tidak berfungsi atau dari swit auto matis nya yg rusak di mesin…atau air coolend nya tidak berjalan..

    Terimakasih..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *