Kolom Pencarian Menu Utama

Motor di zaman sekarang sudah memakai sistem pendingin radiator. Berbeda dengan zaman dulu penggunaan sistem ini hanya ada pada mobil saja. Pengembangan motor dengan sistem pendingin cairan dimulai oleh Yamaha pada motor Jupiter MX nya. Sejak saat itu motor matic dan motor sport di Indonesia lebih banyak menggunakan konsep yang sama.

radiator bocor

Perhatian khusus perlu kita lakukan pada komponen yang satu ini, karena sangat erat kaitannya dengan performa mesin. Jika radiator dalam kondisi yang tidak baik, mesin akan lebih cepat panas dan tentunya performa berkurang bahkan bisa overheating.

Penyebab Kebocoran

Rusak karena dihantam benda keras

Alasan ini jadi yang paling banyak menyebabkan radiator alami kebocoran. Cotohnya saja kisi-kisi radiator rembes arena hantaman kerikil yang terpatul dari ban depan.

— advertisement —

Rusak karena kecelakaan

Alasan yang termasuk tidak disengaja ini biasanya terjadi ketika kita bertabrakan dengan kendaraan ain atau benda lain. Nah tanpa kita sadari ada benda yang menghantam bagian radiator. Hal ini juga bisa menimbulkan retak kecil pada radiator.

Usia pakai

Yang terakhir bisa saja dikarenakan usia pakai komponen, sehingga timbul korosi. Korosi ini bisa membuat permukaan rapuh dan timbul kebocoran. Apalagi radiator ini berkaitan dengan suhu yang panas, lama kelamaan radiator yang mulai rapuh ini bisa retak.

Cara memperbaiki radiator motor bocor

Menggunakan Lem Besi

Pertama cek terlebih dahulu bagian kisi-kisi mana yang mengalami kebocoran. Lem ini terdiri dari 2 kemasan, yaitu berwarna hitam dan putih. Campurkan keduanya, secukupnya saja kemudian oleskan pada permukaan yang bocor.

— advertisement —

Menggunakan Cairan Kimia

Anda bisa memakai radiator sealer layaknya STP Radiator Sealer atau Tunap Micrologic Premium 142 atau Prestone Cooling Sistem Super Sealer. Cara memakainya juga cukup gampang, cairan kimia ini langsung campur saja ke radiator. Cairan kimia ini secara otomatis akan menutup lubang radiator pemicu kebocoran, layaknya bocor halus & bocor permanen.

Mengelas Radiator

Nah kalau yang ini harus dilakukan oleh ahli service radiator. Cara ini tentu paling bagus diantara cara-cara diatas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *