Kolom Pencarian Menu Utama

Motor merupakan kendaraan yang sangat banyak penggunanya. Sepeda Motor yang biasanya sering digunakan untuk kendaraan atau sarana transportasi sehari-hari, juga dijadikan sebagai gaya hidup dengan segala dinamikanya. Terdapat berbagai jenis motor , merek, dan harganya  yang terjangkau. 

Oversize Motor

Zaman sekarang banyak kita lihat bermunculan komunitas motor dan tentunya ini sangat berpengaruh terhadap nilai penjualan aksesoris motor. Yang digunakan untuk personalisasi tampilan dan juga dapat meningkatkan kemampuan tunggangannya. Dan modifikasi sepeda motor menjadi tren bagi anak anak komunitas. Modifikasi mulai marah dan sangat populer dikalangan anak anak motor. 

Banyak yang melakukan modifikasi oversize atau memperbesar ukuran piston pada mesin motor yang tentunya tidak bisa sembarangan. Dan salah satu yang biasanya sering digunakan sebagai modifikasi adalah oversize piston standar. Berukuran 25,50, 75 dan juga 100  dimana angka tersebut mewakili ukuran nol koma milimeter perubahan ukuran piston. 

— advertisement —

Untuk kali ini kita akan membahas mengenai Efek samping Oversize motor. Tujuan dilakukan oversize piston secara spesifik adalah untuk meningkatkan tenaga mesin motor yang diadopsi dari dunia balap. Dan untuk kondisi normal pemakaian harian maka oversize piston motor dapat dilakukan ketika silinder telah mengalami kondisi aus.

Kegunaannya adalah untuk kompresi dapat kembali normal dan sehingga performa motor dapat meningkat. Dan Oversize pada piston dapat secara otomatis menuntut penyesuaian terhadap diameter ring piston dan juga diameter liner baru yang lebih besar. Maka dari itu dilakukan korter pada dinding liner silinder untuk dapat memperluas diameter lubang silinder untuk menyesuaikan dengan piston yang berukuran oversize. 

Bagi mereka para pencinta atau hobi dibidang adu kecepatan maka tentunya akan melakukan banyak cara untuk dapat meningkatkan performa motornya. Meskipun begitu masih banyak yang belum memahami dengan benar apa modifikasi oversize, apa kegunaannya dan apa saja efek samping dari modifikasi oversize. 

— advertisement —

Perlu diketahui bahwa dibalik keuntungan dari modifikasi tersebut ada beberapa hal yang perlu untuk diperhatikan karena memiliki efek samping oversize motor. 

Berikut ini adalah beberapa efek samping oversize motor :

  1. Motor yang berpotensi ngelitik, bergetar dan juga piston baru rentang jika proses pengerjaannya pelebaran silinder tidak dilakukan secara presisi.
  2. Mesin motor akan lebih cepat mengalami panas
    Mengingat dinding silinder yang menjadi tipis, apalagi dengan meningkatnya tenaga yang membuat komponen internal mesin dipaksa bekerja lebih keras.
  3. Garansi mesin dari pabrikan motor otomatis hilang karena adanya perubahan terhadap komponen bawaan motor apa lagi untuk jenis motor keluaran terbaru.
  4. Sering ganti oli
    Hal ini dikarenakan kerja mesin menjadi lebih berat dari yang seharusnya. Dan kualitas oli didalam mesin pun menjadi lebih cepat rusak. Untuk menjaga agar pelumasan tetap bekerja optimal maka sudah pasti harus lebih sering mengganti oli mesin motor. 
  5. Adanya getaran yang berlebihan pada motor
    Gesekan berlebihan antara piston dengan dinding silinder menimbulkan vibrasi berlebihan pada motor. 
  6. Resiko mengalami kerusakan yang lebih tinggi
    Komponen piston yang dipaksakan akan menghasilkan tenaga dan kecepatan yang besar. Lama kelamaan akan mengalami kerusakan dan beresiko akan kerusakan mesin yang lebih besar.

Nah itulah ulasan kita kali ini mengenai efek samping oversize motor yang perlu anda ketahui. Meskipun pada dasarnya modifikasi oversize pada piston dan lubang silinder adalah untuk memperbesar volume ruang bakar.

Sehingga volume yang semakin besar akan memiliki kapasitas ruang bakar yang lebih besar yang mampu untuk menampung bahan bakar lebih banyak. Dan memiliki tujuan untuk meningkatkan kapasitas ruang bakar agar pembakaran dapat menjadi lebih optimal karena tenaga yang besar memerlukan pasokan bahan bakar yang lebih besar pula.

— advertisement —

Dan untuk melakukan oversize maka memerlukan cara kerja yang baik dan benar. Untuk anda yang ingin melakukan oversize pada motor maka juga perlu memperhatikan efek samping yang akan timbul pada motor anda.

Dan untuk proses pengerjaannya pastikan anda menyerahkannya pada bengkel yang sudah terbukti mampu dan handal dalam menghasilkan motor oversize dengan kondisi yang baik, agar terhindar dari masalah efek samping oversize motor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *