5 Cara agar motor matic lebih irit bahan bakar

Kebanyakan pengguna motor matic merasa motornya tidak irit bahan bakar kalaupun motornya sudah fuel injection. Alasan dari borosnya motor ini disebabkan dengan banyaknya penggunaan gear pada motor matic itu sangat banyak, lebih dari gear motor tidak otomatis.
5 Cara agar motor matic lebih irit bahan bakar
Lalu apa hubugnagannya Gear motor matic yang banyak itu dengan borosnya bbm yang digunakan? gear pada motor atau kecepatannya dapat diatur dengan perseneling digunakan untuk mengatur laju RPM (Rotasi Per Menit) dan memastikannya mampu menghemat bahan bakar. Hal ini tidak ada pada motor matic yang tidak memiliki komponen tersebut membuatnya sulit mengatur RPM.

Mengendarai motor matic dengan kecepatan yang stabil memang mampu membuat motor kita lebih irit. Tapi ada cara lain agar motor matic lebih irit, berikut ulasannya :

Cek berkala sistem pengapian
Mengatur sisi komponen pengapian, hal ini berlaku untuk motor matic yang masih menggunakan karburator, adalah sebuah aktifitas wajib untuk selalu memeriksa kondisinya secara berkala. Dengan melakukan perawatan agar kondisi pengapian tetap seperti pada ketentuan pabrikan akan membuat penggunaan bahan bakar lebih efisien dan normal

Cek berkala bagian filter angin
Mengapa hal ini berpengaruh? dengan filter udara yang kotor mengakibatkan udara yang masuk ke sistem pembakaran melalui saluran intake menjadi tersumbat. Biasanya kotornya filter udara ini selau diabaikan oleh pengguna motor matic. Pastikan selalu membersihkannya secara teratur untuk menghidari penyumbatan udara, dan disarankan pergantian filter udara dilakukan setia 15.000km sekali.

Gunakan Bahan bakar oktan tinggi
Dengan menggunakan bbm oktan tinggi walaupun mahal tapi pembakaran akan lebih sempurna, karena berbeda dengan bbm beroktan rendah seperti bensin pembakaran yang diperlukan akan membutuhkan jumlah bensin yang banyak, berbeda dengan pertamax yang oktannya tinggi, cukup sedikit bisa membuat pembakaran yang lebih besar, tentu saja lebih irit. Selain itu dengan memakai pertamax kita bisa mendapatkan keuntungan Plus yaitu mampu membersihkan karbon sisa pembakaran dan memang pertamax sendiri sisa karbonnya sedkiti.

Kebiasaan baik dalam menggunakan motor
Kebiasaan yang bisa anda biasakan bisa dilakukan sperti memakai motor dengan kecepatan lebih stabil tidak kebut-kebutan atau penggunaan tuas gas yang selalu berhenti dan melaju bisa meminum bahan bakar yang banyak, dan biasakan jangan terlalu lamam memanaskan motor, itu bisa membuat bahan bakar terpakai banyak. Cukup panaskan dalam 3 menit saja. Terkahir sellu cek tekanan angin ban, ban kempes bisa memabuat laju motor lebih berat, gunakan tekanan angin yang disarankan pabrikan motor.

Gunakan Oli dengan standar keenceran yang ditentukan
Dengan oli yang sesuai, maka gesekan antara komponen mesin bisa diminimalisir. Jika gesekan mesin minim, maka hal tersebut juga akan berpengaruh ke kinerja pembakaran yang otomatis akan membuat matic tidak akan ‘meminum’ bensin di luar kewajaran.

pencarian :
kelebihan pertamax untuk motor matic, cara agar scoopy irit bbm, cara membuat motor matik menjadi irit, cara mengiritkan bensin motor vario, tips irit bensin motor matic, motor matic pakai pertamax, Beat agar lebih irit, vario karbu, bahan bakar yang bagus untuk matic karburator, Agar motor matic irit bensin