Kolom Pencarian Menu Utama

Ada beberapa Penyebab Knalpot Motor Nembak dan Keluar Api, gejala ini bisa jadi terjadi karena pembakaran yang tidak sempurna yang disebabkan campuran udara dengan bahan bakar tidak semua terbakar dengan sempurna oleh busi. Hal ini menyebabkan terjadinya suara nembak atau letupan.

Beberapa penyebab suara nembak pada knalpot motor

Penyebab Knalpot Motor Nembak

Hal ini terjadi dari peristiwa after burn, atau yang dikenal sebagai pembakaran kedua. Pembakaran kedua ini mengakibatkan suara nembak pada knalpot setelah gas segar gagal terbakar dan keluar melalui knalpot.

Kerusakan Air Screw Karburator
Knalpot membuat bunyi seperti nembak, bisa disebabkan karena kerusakan pada penyuplai udara ke bagian ruang pembakaran. Misalnya air screw pada komponen karburator yang sudah aus atau juga bisa terjadi karena kurang bagusnya penyetelan karburator.

— advertisement —

Busi Tidak Layak Pakai
Penyebab lainnya suara nembak dari knalpot adalah dari keadaan busi yang sudah rusak dan tidak layak pakai. Bagian elektroda busi yang tidak bersih tertutupi kerak sisa pembakaran atau basah karena terkena air memungkinkan percikan api tidak stabil bahkan tidak keluar percikan api. Dengan demikian suara nembak dari knalpot akan terjadi.

Settingan Campuran Udara
biasanya setingannya kekeringan, kalau di injeksi lakukan mapping. Untuk solusinya, setelan bahan bakar dibuat lebih banyak dibanding campuran udara yang masuk.

Knalpot Bocor
Selain itu, knalpot nembak bukan hanya karena terlalu kering, tapi juga bisa disebabkan dari knalpot yang bocor.

— advertisement —

Penyebab Knalpot Motor Keluar Api

1. Packing Knalpot ada yang bocor
Kalau packing knalpot ada yang lepas, ketika di ruang bakar ada panas karena proses pembakaran, kemungkinan ada percikan api keluar dari ujung knalpot.

2. Timing pengapian
Biasanya timing pengapian yang telat membuat campuran bensin dan udara di mesin tidak  terbakar secara menyeluruh. Sisa campuran bahan bakar dan 02 yang tak terbakar terbuang ke knalpot dan menimbulkan percikan api.

3. Campuran Bensin dan Udara
Knalpot mengeluarkan api juga bisa jadi karena tidak homogennya atau tidak pasnya perbandingan campuran bensin dan udara di ruang bakar.

Api busi motor agan jadi tidak bisa membakar semua campuran bahan bakar dan udara. Jadinya, sisa gas panas terbuang lewat knalpot yang bisa saja menjadi penyebab adanya percikan api.

— advertisement —
cara membuat knalpot keluar api, penyebab knalpot nembak dan keluar api, cara bikin knalpot keluar api, penyebab knalpot keluar api, cara membuat knalpot nembak dan keluar api, knalpot nembak keluar api, cara agar knalpot motor mengeluarkan api, cara buat knalpot api, cara knalpot keluar api, cara membuat knalpot meledak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *